2019, Rumah Sakit Wisata UIT Tangani Pasien Pecandu Narkoba

Direktur RS Wisata UIT, dr. Marhaen Hardjo (kiri) didampingi Humas RSUD UIT, Wahyudi Muchsin, Selasa 29 Januari 2019.(terkini.id/echa)

Terkini.id, Makassar – Rumah Sakit (RS) Wisata UIT, terus memaksimalkan pelayanan yang bepihak kepada masyarakat.

Selain memberikan pelayanan darurat bahkan gratis untuk para korban banjir di Makassar dan Gowa, rumah sakit di jalan Abd Kadir nomor 70 ini juga akan menerima pasien pecandu narkoba.

Direktur RS Wisata UIT, dr. Marhaen Hardjo mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) terkait penanganan pasien pecandu narkoba tersebut.

“Kita sudah MoU, dan akan menjadi Rumah Sakit Swasta pertama di Indonesia yang melakukan pelayanan rehabilitasi untuk pecandu narkoba,” ujar dr Marhaen Hardjo kepada terkini.id di kantornya, Selasa 29 Januari 2019.

Surat Keputusan terkait rehabilitasi tersebut sudah dikantongi, dan dalam waktu dekat akan mulai beroperasi.

Direktur RS Wisata UIT, dr. Marhaen Hardjo (kiri) didampingi Humas RSUD UIT, Wahyudi Muchsin, Selasa 29 Januari 2019.(terkini.id/echa)

Menarik untuk Anda:

“Kita sudah lakukan penandatanganan PKS,” tambah Marhaen yang didampingi Kepala Divisi Non Medik sekaligus Humas RS Wisata UIT, dr Wachyudi Muchsin.

Layanan Rehabilitasi

Adapun layanan yang akan diberikan RS Wisata UIT, adalah layanan rehabilitasi medik.

“Kalau di rehabilitasi narkoba di Baddoka itu rehabilitasi sosial. Psikologinya. Kalau di sini rehabilitasi medik,” terang Marhaen yang juga menjabat Direktur Riset dan Teknologi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tersebut.

Pentingnya rehabilitasi medik, menurut dia karena banyak pecandu narkoba yang mengalami penyakit seperti HIV, sesak, hingga hepatitis.

“Penyakit yang bisa disebabkan jarum suntik narkoba yang dipakai bersama-sama. Jadi ketika ada keluhan, pasiennya dibawa ke sini,” tambah dokter yang menyandang gelar dokter Ph.D dari Jepang dalam bidang stem cell tersebut.

Siapkan Ruangan Khusus

Untuk menangani rehabilitasi medik bagi pecandu narkoba tersebut, RS Wisata UIT sudah menyiapkan ruangan khusus dan fasilitas terkait.

Medical Tourism

Wahyudi Muchsin sendiri mengungkapkan, pihak BNN punya alasan sehingga memilih RS Wisata UIT sebagai rumah sakit swasta pertama yang menjadi pusat rehabilitasi pecandu narkoba.

“Karena konsep medical tourism dengan pelayanan yang ramah serta fasilitas seperti hotel bintang yang kita hadirkan,” terang dia.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Viral, Warga Temukan Kelabang Raksasa Merayap di Dinding Toilet Kantor

Pengakuan Ahok, Sempat Memohon ke Selingkuhan Veronica Tan Demi Pertahankan Rumah Tangga

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar