6 BPP Kabupaten Bantaeng Terima Bantuan Perangkat TI dari Program YESS Polbangtan Gowa

Terkini.id, Gowa – Semangat petani dan penyuluh sangat diharapkan untuk sejalan dengan yang dipesankan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Sektor pertanian menjadi andalan dan harapan bahkan tulang punggung.

Hal ini “Merupakan tanggung jawab bersama dalam menyediakan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia dan merupakan kekuatan spirit bagi keluarga besar Kementerian Pertanian dan semua pelaku dan pemerhati pembangunan pertanian,” tegas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) terus mendorong regenerasi di kalangan petani melalui program Youth Entrepreneurship and Employment Support Service (YESS).

Program YESS merupakan proyek percontohan pengembangan generasi muda dan regenerasi petani di pedesaan melalui penyediaan fasilitas dan bimbingan kepada generasi muda untuk menjadi wirausahawan atau tenaga kerja yang profesional di sektor pertanian.

Mungkin Anda menyukai ini:

Olehnya itu, Mentan SYL menggagas Kostratani berbasis BPP di kecamatan untuk mengatasi kendala dan tantangan peningkatan kapasitas dan kompetensi penyuluh pertanian agar peran dan fungsinya semakin optimal dalam mendukung kinerja pertanian.

Baca Juga: Dr. Syaifuddin Buka Bimtek Penulisan Buku: Bagi Dosen, Jurnal dan...

Di beberapa kesempatan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Prof. Dedi Nursyamsi secara khusus menyemangati Penyuluh Pertanian. Ia mengatakan, mereka harus bekerja mendampingi para petani.

Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) difokuskan pada pengembangan SDM dan kelembagaan petani dengan tujuan untuk mewujudkan SDM pertanian yang kreatif, inovatif, dan berwawasan global, dengen memaksimalkan fungsi dan peran BPP.

Dalam mendukung program tersebut, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa melalui Program YESS memberikan bantuan berupa IT dan fasilitas  pembelajaran bagi 6 BPP yang berada di Kabupaten Banteng.

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi, Polbangtan Gowa Gelar Bimtek Penyusunan Buku

Penyerahan ini dilakukan oleh LO Kabupaten Bantaeng Bapak Arief Sirajuddin, S.ST., M.I.Kom kepada masing-masing koordinator BPP dan disaksikan oleh Ketua Tim PPIU YESS Wilayah Sul Sel, Ir. Hermaya Rukka, M.Si. Selasa 29 Desember 2020.

Bantuan diserahkan langsung Ir. Hermaya Rukka, M.Si, Ir. H. Abd Azis Hamzah,MP, Drs. Syamsuddin, M.Pd dan  Muh. Arief Sirajuddin, S.ST., M.I.Kom selanjutnya diterima langsung masing-masing koordinator BPP. Rabu, (29/12).

Barang ini diberikan kepada BPP Uluere, BPP Lamalaka, BPP Tompobulu, BPP Eremerasa, BPP Sinoa dan BPP Bissapu. Bantuan yang diserahkan masing-masing berupa  1 unit komputer, laptop, proyektor/LCD, printer dan fasilitas pembelajaran.

Ikhsan, SE selaku Kasi Penyuluhan  mewakili Kepala Dinas Pertanian mengatakan dengan adanya bantuan ini maka akan memaksimalkan kinerja proses pembelajaran bagi petani dan pemuda tani dalam transfer pengetahuan dan keterampilan yang ditunjang dengen peralatan yang modern. Selebihnya beliau mengatakan akan menjaga dan merawat semua fasilitas yang telah diberikan.

Dr. Syaifuddin, selaku Direktur Polbangtan Gowa ditempat terpisah mengatakan pemberian bantuan pada BPP melalui Program YESS pada 4 kabupaten di Sulawesi Selatan sebagai Upaya optimalisasi kegiatan Program YESS serta kegiatan Pembangunan pertanian lainnya, khususnya Kostratani. (MUZ).

Bagikan