Pemangkasan rambutan, mutlak dilakukan dilahan produksi Polbangtan Gowa

Dosen Polbangtan Gowa, Yacob Surung, SP., M.Pd & Ir. Dahlan, MM melakukan kegiatan pemangkasan pada tanaman rambutan jenis lengkeng gowa.

Pemangkasan mutlak dilakukan agar tampilan dan tajuk tanaman selalu bagus dan tampak rapi. Selama tanaman masih hidup, tanaman akan terus tumbuh mencapai batas ukuran yang ditakdirkan oleh alam.

Selain memperindah dan menyeimbangkan bentuk tanaman, pada dasarnya pemangkasan merupakan upaya perawatan yang mengacu pada manfaat atau tujuan tertentu.

Di lahan produksi agribisnis Polbangtan Gowa, Yacob Surung, SP., M.Pd bersama Ir. Dahlan, MM secara rutin melakukan kegiatan pemangkasan pada tanaman rambutan jenis lengkeng gowa. Aktifiitas kedua dosen ini juga melibatkan mahasiswa dan tenaga teknis yang ditugaskan dilahan produksi.

Dikatakan, pemangkasan dilakukan untuk mempertahankan bentuk alami dari tanaman yang bersangkutan. Bisa saja terjadi bahwa sebagian tanaman mungkin kurang menerima curah matahari, karena terhalang oleh dinding, dengan demikian bagian tanaman yang memperoleh curah sinar matahari cukup akan tumbuh lebih cepat, dan bentuk asli tajuk tanaman mulai tak beraturan atau semrawut. Di saat seperti inilah tanaman perlu dipangkas supaya tampilan bentuknya tetap seperti yang diharapkan.

Kegiatan seperti ini harus intensif dilakukan apabila mengharapkan produktifitas meningkat untuk tahun berikutnya, jadi tiap tahun setelah kegiatan panen dilakukan, juga dilakukan pemangkasan. Intinya pemangkasan dilakukan dengan harapan dapat merangsang pertumbuhan dan buah, menyuburkan dan menyehatkan tanaman, memperpanjang usia sekaligus meremajakan dan membuang cabang yang mati. (Mus).

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

Kembangkan Pariwisata, Ini yang Dilakukan Unifa

Terkini.id,Makassar - Universitas Fajar menggelar Kegiatan Pengembangan Desa Wisata Melalui Pendampingan Dalam Rangka Fasilitasi Pelatihan Masyarakat Desa Wisata di Kampung Bambu Toddopulia, Kabupaten Maros,