Ini 6 Jurusan Favorit yang Dibutuhkan di Masa Depan, Apakah Jurusanmu Termasuk?

Jurusan Favorit
Ilustrasi mahasiswa. (Foto: kumparan)

Terkini.id – Bagi Anda yang memilih jurusan kuliah berdasarkan prospek ke depannya, ada baiknya Anda mencoba bertahan dan mulai kembangkan kemampuan Anda lebih dari biasanya.

Sebab Anda tidak akan pernah tahu bahwa jurusan yang telah Anda ambil kelak masuk dalam kategori jurusan paling dibutuhkan di dunia kerja. Jurusan-jurusan inilah yang memang spesifik dan tidak terlalu banyak peminatnya tetapi begitu menjanjikan.

Lulusan dari jurusan-jurusan yang dikategorikan sebagai daftar jurusan yang dibutuhkan 5 tahun ke depan ini juga akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibanding lulusan dari jurusan lain.

Jurusan apa saja yang masuk dalam kategori jurusan yang kerjanya banyak dibutuhkan di masa mendatang? Dilansir dari Mamikos, inilah daftar jurusannya.

1. Ilmu Komputer

Di zaman yang semuanya serba digital dan didominasi oleh banyak aplikasi, Ilmu Komputer menjadi begitu penting. Ilmu ini sangat membantu memudahkan kehidupan kita, bahkan hingga di masa yang akan datang.

2. Matematika dan Statistika

Lulusan jurusan Matematika dan Statiska bukan hanya bisa ngitung dan menjadi menjadi guru atau dosen saja. Jurusan kuliah IPA ini juga dapat membantu membuat pemodelan dan pengolahan data yang banyak membantu kita dalam kehidupan masyarakat nantinya.

Mahasiswa
(Foto: setara)

3. Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi terbukti akan menjadi pekerjaan paling dibutuhkan di masa depan. Banyak yang mengatakan bahwa kesehatan adalah sesuatu yang tak ternilai harganya, tentunya menjadi seorang apoteker adalah salah satu profesi yang hebat.

Lulusan farmasi ini dapat mengembangkan serta meracik obat-obat bagi Anda yang memiliki masalah dengan kesehatan.

4. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Diramalkan, 5 tahun mendatang kebutuhan akan visualisasi akan semakin meningkat mengingat zaman telah berubah menjadi serba digital.

Tanpa disadari, semakin hari semakin banyak media visual atau gambar yang sudah tersebar di berbagai tempat seperti jejaringan sosial, internet, iklan, baliho, dan sebagainya.

Mahasiswa
(Foto: hipwee)

5. Hubungan Internasional (Hl)

Para jebolan jurusan Hubungan Internasional nantinya akan menjadi penghubung antar negara supaya semakin dekat dan memiliki hubungan yang erat.

Jurusan ini secara tidak langsung telah menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek yang menjanjikan di masa yang akan datang.

Semakin berkembangnya globalisasi ternyata dapat mempengaruhi jarak antar negara menjadi tidak selebar sebelumnya. Gaji yang diperoleh lulusan Hubungan Internasional pun bahkan bisa berkisar antara Rp 5–11 juta per bulan!

6. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi menjanjikan para lulusannya yang cerdas dalam mengatur cara berkomunikasi sehingga menjadi lebih efektif dan memiliki fokus pembicaraan yang pas.

Seiring dengan berkembangnya media informasi menyebabkan dunia komunikasi semakin berkembang pesat pula.

Berita Terkait