6 Tim PKM Lolos Pendanaan Kemendikbud, Teknik Sipil Unhas Raih Peringkat 2 FT UH

Terkini.id, Makassar – Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil meloloskan 6 proposal PKM yang mendapatkan pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek untuk pelaksanaan tahun 2021. 

Departemen Teknik Sipil menempati peringkat kedua di Fakultas Teknik Unhas dari sisi jumlah tim yang mendapatkan pendanaan.

Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) Republik Indonesia Nomor 1949/E2/KM.05.01/2021 tentang Pendanaan PKM Tahun 2021.

Baca Juga: Diikuti Ribuan Alumni, EMU 2020-2021 IKA Teknik Unhas Sukses Digelar...

PKM merupakan program ajang penalaran dan kreativitas paling bergengsi di kalangan mahasiswa Indonesia. Untuk itu, dosen-dosen pembimbing siap untuk mengawal kembali mahasiswanya untuk dapat sampai pada ajang PIMNAS dengan membekalkan mahasiswa didiknya dengan pendampingan, monitoring serta evaluasi.

Sekretaris Kemahasiswaan Departemen Teknik Sipil yang juga dosen pendamping dalam PKM tersebut, Dr. Eng. Fakhruddin, menyambut bahagia capaian ini.
 
Menurutnya, prestasi mahasiswa ini sangat membanggakan karena untuk pertama kalinya, Departemen Teknik Sipil meloloskan 6 proposal untuk didanai.

Baca Juga: Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unhas Gelar Webinar Nasional Marketing 101

“Tantangan berikutnya tidaklah ringan. Tim yang lolos harus bekerja keras untuk mengimplementasikan proposal PKM dengan sebaik-baiknya. Terlebih memenuhi  output atau janji yang dituang dalam proposal masing-masing. Sehinga diharapkan, tim-tim tersebut  bisa lolos menjadi perwakilan Unhas menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 34 tahun ini,” ujar Dr. Eng. Fakhruddin.

Sementara itu, Sekretaris Departemen Teknik Sipil, Dr. Eng. Ir. M.Isran Ramli menyatakan sangat bangga dan mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh mahasiswa Teknik Sipil . 

Hal tersebut, kata Ir. Isran, membuktikan bahwa mahasiswa kita dapat bersaing dengan seluruh mahasiswa di Indonesia untuk berkompetisi mendapatkan pendanaan tersebut. 

Baca Juga: Unhas Masuk Deretan Kampus Kelas Dunia, Ikatan Alumni: Selamat untuk...

“Selamat kepada mahasiswa yang lolos pendanaan tahun ini. Semoga terus mencatatkan prestasi gemilang. Kami selalu siap untuk mensupport seluruh tim demi kelancaran proses PKM tersebut. Semoga seluruh tim dapat lolos PIMNAS tahun ini,” tuturnya.

Berdasarkan kategori Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), sebaran proposal PKM mahasiswa yang mendapatkan pendanaan yakni sebagai berikut:

PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) : 2 tim
PKM Karsa Cipta (PKM-KC) : 1 tim
PKM Riset Eksakta (PKM-RE) : 1 tim
PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) : 2 tim

Judul-judul PKM Tim Departemen Teknik Sipil Unhas:

PKM GFK: 

– City of Eden : Kota MAsa Depan. 
– Smart Garbage Dump: Desain Lokalisasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa Guna Mencapai Sustainable Cities and Comunities 2036
 
PKM-KC:

Geopolymer Concrete Formwork : Alternatif Elemen Balok Easy Installation  Pasca Gempa Berbahan Ramah Lingkungan

PKM-RE:

Coconut Fiber Sheet : Alternatif Perkuatan Struktur Beton Bertulang dalam Mendukung Sustainability Development Goals (SDGs).

PKM-PM:

– Datokku (Geriatricplate): Edukasi Gizi untuk Kesehatan Lansia Berbasis Android di Balai Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia GAU Mabaji Kabupaten Gowa.

– Program Sosialisasi Penerapan Smart City sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup dan Lingkungan Masyarakat di Kelurahan Tamalanrea Indah, Makassar.

Bagikan