Abdul Rahman Rahim Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Unismuh Makassar

Terkini.id, Makassar – Pengukuhan Prof.Dr. Abdul Rahman Rahim, SE., MM sebagai Guru Besar Dalam Bidang Ekonomi dan Bisnis digelar di Balai Sidang Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Sabtu 26 Januari 2019.

Dalam pidato pengukuhan berjudul Kepemimpinan Islam Dalam Rangka Mewujudkan Keadilan Distributif dan Kesejahteraan Karyawan, Tantangan Perguruan Tinggi Islam (PTI) di Abad 21.

Abdul Rahman Rahim mengatakan, untuk meningkatkan pendapatan  institusi PTI, maka sumber pendapatan lain selain pendapatan dari pembayaran mahasiswa.

“Diharapkan juga bersumber dari hibah pemerintah maupun swasta dari dalam maupun luar negeri sifatnya tidak mengikat secara ideologi,” ujarnya.

Sumber pendapatan juga dapat, kata dia, diusahakan melalui usaha bisnis perdagangan barang dan jasa industri yang dijalankan secara industri.

Lanjut Abdul Rahman, praktik kepemimpinan Islami akan mengkontribusi secara langsung lahirnya keadilan distributif yang pada ujungnya menghadirkan kesejahteraan.

“Tetapi prasyarat yang harus dipenuhi adalah tersedianya anggaran pendapatan dan belanja (APB) yang cukup,” tambahnya.

Dijelaskan juga bahwa pimpinan PTI harus mampu memahami fungsi dan peranannya sebagai penentu kebijakan pengelolaan anggaran, tegasnya.

“Didasarkan prinsip syariah Islam dengan mendirikan atau mengembangkan usaha/bisnis yang berorientasi untuk menambah pendapatan APB-PTI,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Abdul Rahman, pimpinan PTI meningkatkan kemampuan dan pemahaman akan pentingnya keadilan yang didasarkan pada Al-Quran dan sunnah dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan. Serta lebih banyak memahami akan pengelolaan APB dan keadilan distributif yang baik.

“Pimpinan PTI melakukan perimbangan alokasi anggaran dengan menyeimbangkan anggaran untuk keperluan investasi, pengembangan SDM, untuk peningkatan derajat keilmuan soft skill dan gaji karyawan,” tegasnya.

Turut hadir Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Prof. Dr. Jasruddin, M.Si, Ketua Aptisi Wilayah IX A, Prof.Dr. Ma’ruf Hafidz, SH., MH, Walikota Makassar, Ir. H.Mohammad Ramdhan Pomanto, Ketua Majelis Diktililitbang Muhammadiyah, Prof H Lincolin Arsyad M Sc Ph D dan Ketua PWM Sulsel, Prof. Dr. H. Ambo Asse, M.Ag.

Biografi Prof. Dr. H. Abdul Rahman Rahim, SE., MM

Prof. Dr. H. Abdul Rahman Rahim, SE., MM lahir di Sengkang, 25 Agustus 1963.

– Sarjana muda Ekonomi di Unismuh Makassar tahun 1985, S1 Ekonomi  Makasaar lulus tahun 1988.

– Alumni S2 Magister manajemen pemasaran di IPWI Jakarta Lulus tahun 1997 dan S3 di Ekonomi Islam Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya lulus tahun 2012.

– Pengalaman kerja yakni; Dosen Fakultas Ekonomi Unismuh Makassar tahun 1988.

– Pembantu Dekan III FE Unismuh Makassar tahun 1988-1991, pembantu dekan III FE Unismuh Makassar tahun 1991-1994.

– Pembantu Dekan II FE Unismuh Makassar tahun 1994-1997, Pembantu Dekan I FE Unismuh Makassar  1997-2001.

– Pembantu Dekan I Unismuh Makassar FE Unismuh Makassar tahun 2001-2005 dan pernah menjadi Dekan FE Unismuh Makassar pada tahun 2005-2006.

Berita Terkait
Komentar
Terkini