Ahok: Isi Bensin di Pertamina, Ojol Dapat ‘Uang Kembali’ 50 Persen

ahok, karikatur ahok, karikatur basuki tjahaja purnama, kartun ahok, desain ahok, ahok pertamina
Basuki Tjahaja Purnama.(terkini.id/hasbi)

Terkini.id, Jakarta – Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok, mengumumkan program cashback untuk para pelaku ojek online di Indonesia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan, para pelaku ojek online, bisa mendapatkan cashback atau ‘uang kembali’ sebesar 50 persen untuk pembelian maksimal Rp 15.000.

“Promo ini berlaku untuk 10.000 pengendara ojek online perhari,” jelas Ahok melalui akun twitternya, Rabu 15 April 2020.

Lebih rinci, dia menyebutkan bahwa program cashback tersebut cuma berlaku untuk pembelian BBM nonsubsidi, seperti Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo melalui pembelian secara nontunai di aplikasi MyPertamina.

“Promo ini berlaku mulai 14 April sampai 12 Juli 2020,” tambah Ahok lagi.

Baca juga:

Adapun cara memanfaatkan fasilitas promo tersebut, antara lain dengan mengunduh aplikasi MyPertamina di ponsel lalu mengaktifkan fitur LinkAja.

Kemudian, driver online melakukan pembelian BBM non-subsidi dengan pembayaran non-tunai LinkAja dari Aplikasi MyPertamina (pilih nomor Ojek Online > Info lebih lanjur > upload)

Kemudian, rider ojol mengunggah bukti screenshot pembayaran BBM dengan LinkAja dan memasukkan nomor referensi.

Gojek, YABB & Alfamart Bagikan Ratusan Ribu Paket Sembako untuk Mitra Driver

Para pelaku ojek online Gojek juga mendapat bantuan dari Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB). Ada ratusan ribu paket bantuan bahan pokok (sembako) untuk meringankan beban biaya harian mitra driver selama masa sulit pandemi COVID-19.

Inisiatif ini merupakan bagian dari 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver yang diumumkan Gojek tanggal 31 Maret lalu, dan turut didukung oleh Alfamart bersama konsumen setianya.

“Paket Sembako Keluarga Mitra” Gojek dan YABB ini ditujukan untuk 200 ribu mitra driver Gojek dalam bentuk voucher digital senilai @Rp100.000, atau senilai total 20 miliar rupiah. Voucher ini didistribusikan melalui aplikasi mitra driver dan dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng dan mie instan di seluruh gerai Alfamart di Indonesia.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo sekaligus Dewan Pembina Yayasan Anak Bangsa Bisa mengatakan Program “Paket Sembako Keluarga Mitra” ini dilakukan untuk meringankan beban pengeluaran dan membantu keluarga mitra memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

“Program ini kami lakukan dengan dukungan Alfamart, mitra usaha kami yang merupakan perusahaan retail terdepan di Indonesia Dengan jaringan luas Alfamart yang tersebar di seluruh Indonesia, kami dapat menjangkau ratusan ribu mitra driver kami dengan bantuan yang tepat sasaran, sesuai kebutuhan mereka.” katanya dalam rilis, Rabu (15/4/2020).

Andre menambahkan, “Prioritas Gojek saat ini adalah membantu mitra driver untuk bisa melewati masa sulit pandemi COVID-19 ini. Gojek telah melakukan berbagai inisiatif yang berfokus pada tiga

area utama yang paling berdampak pada keberlangsungan hidup mitra driver, yaitu menjaga kesehatan dan keselamatan, meringankan beban pengeluaran, serta bantuan pendapatan. Kami terus melakukan berbagai upaya dari hulu ke hilir guna memastikan mitra kami tetap sehat, aman, dan dapat memenuhi kebutuhan hariannya.”

Selain program sembako Gojek dan YABB, Alfamart sendiri juga memberikan bantuan kepada mitra driver Gojek melalui program “Alfamart Melayani Indonesia”. Program ini dalam bentuk 30 ribu voucher digital senilai @Rp 50.000 dengan total nilai Rp 1,5 miliar.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan, “Bantuan untuk Mitra Driver Gojek ini merupakan rangkaian program tanggap Alfamart Melayani Indonesia, dalam penanganan pandemi COVID-19.

Mitra Driver Gojek adalah salah satu pihak yang terkena imbas dalam kondisi penyebaran wabah seperti sekarang ini. Mayoritas masyarakat harus Work From Home dan menerapkan physical distancing, sehingga berdampak pada penghasilan mereka. Bantuan ini akan disalurkan terhadap driver Gojek yang benar-benar membutuhkan bantuan,” jelas Solihin.

Dukungan Alfamart berupa voucher sembako digital senilai Rp 1,5 miliar tersebut terdiri dari dana sebesar Rp 1 miliar yang merupakan hasil donasi konsumen Alfamart dengan menggandeng empat yayasan, yakni BMCI 500 juta rupiah, Lazismu 250 juta rupiah, NU Care-LazisNu 150 juta rupiah dan Mizan Amanah 100 juta rupiah. Sementara tambahan 500 juta rupiah merupakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Alfamart.

Alfamart juga menjalankan berbagai inisiatif untuk membantu masyarakat menanggulangi dampak pandemi COVID-19. Alfamart telah menyalurkan paket bantuan nutrisi dan vitamin untuk paramedis di 50 Rumah Sakit rujukan penanganan COVID-19. Alfamart juga melakukan penyemprotan desinfektan di lebih dari 100 titik fasilitas umum seperti rumah ibadah, serta pemberian hand sanitizer dan peralatan kesehatan lainnya.

Dengan semangat gotong-royong dan saling membantu, saya yakin kita dapat bersama-sama melewati masa penuh tantangan ini. Kami berharap inisiatif positif ini dapat mendorong pihak-pihak lain ikut bergerak mengantisipasi berbagai dampak penyebaran COVID-19,” tambah Solihin.

Lebih jauh mengenai program bantuan Gojek untuk para mitra driver, inisiatif bantuan sembako hasil kerja sama Gojek, YABB dan Alfamart merupakan salah satu bagian dari 12 program Kesejahteraan

Mitra Driver yang dijalankan oleh Gojek dan YABB. Dua belas program tersebut mencakup tiga area utama yang paling berdampak bagi keberlangsungan hidup mitra driver Gojek, yaitu menjaga kesehatan dan keselamatan, ringankan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan mitra driver.

Selain program voucher sembako, sebagai bagian dari upaya ringankan biaya harian mitra driver, sejak Maret lalu Gojek telah membagikan lebih dari 4.000 paket sembako kepada mitra driver berusia

lanjut (lansia) di sejumlah kota-kota besar. Gojek juga telah membagikan 1 juta voucher makan per minggu kepada mitra driver untuk membeli paket makanan harga terjangkau dari ribuan merchant UMKM.

Untuk upaya bantuan pendapatan mitra driver, Gojek juga meluncurkan program Hari Kuliner Nasional atau Harkulnas untuk meningkatkan penjualan merchant UMKM, yang sekaligus turut mendorong tingkat orderan bagi mitra driver selama masa sulit pandemi. Untuk program yang melibatkan konsumen, Gojek juga telah melakukan penyesuaian di aplikasi dengan menambah opsi pilihan tip agar pelanggan Gojek bisa memberikan tip hingga Rp100.000, yang disalurkan langsung ke e-wallet mitra.

Untuk upaya jaga kesehatan dan keselamatan, Gojek telah membagikan ratusan ribu paket kesehatan kepada mitra driver, yang terdiri dari masker, hand sanitizer dan vitamin.

Distribusi paket kesehatan ini masih terus berlangsung di berbagai kota di Indonesia untuk memastikan mitra bisa terus prima dalam beraktivitas.

Komentar

Rekomendasi

Cara Berbagi Kebahagiaan dengan LinkAja di Hari Raya Lebaran

9 Cara Membangun Brand Usaha Setelah Pandemi

Sambut Idul Fitri 1441 H, Telkomsel Area Pamasuka Siagakan 52.100 BTS

Telkomsel Sumbang Ventilator, 100.000 Alat Pelindung Diri dan Uang Rp 25 Milliar

Peringati Hari Pendidikan Nasional, LinkAja bersama ACT Bantu Biaya Pendidikan Siswa Kurang Mampu

Baru Tiga Hari Penerbangan Ditutup, Kini Menhub Bolehkan Pebisnis Naik Pesawat

Ini Program Menarik LinkAja Selama Bulan Ramadan di Kota Makassar

GoJek dan Grab Sepeda Motor Tidak Layani Angkutan Orang Selama PSBB

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar