Akan buka prodi baru, Polbangtan Gowa gelar focus group discussion (FGD)

Buka Prodi Baru, Polbangtan Gowa gelar FGD

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa adalah institusi pendidikan tinggi vokasi, dibawah binaan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDMP). Kementerian Pertanian.

Menjaga keberlanjutan pembangunan pertanian dengan menghasilkan sumberdaya manusia pertanian yang profesional, mandiri, dan berdaya saing, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa mengadakan Focus Group Discussion (FGD) sebagai tindak lanjut dalam persiapan pembukaan Program Studi Diploma IV Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan Polbangtan Gowa. Senin, (11/11/2019).

Dr. Ir. Kartika Ekasari Z, M.Si, dalam arahannya didepan peserta Forum Group Discussion (FGD), menyampaiakan bahwa kegiatan ini merupakan slah satu bentuk kesiapan Polbangtan Gowa untuk membuka prodi baru yakni Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan. Rencananya di Tahun 2020, Polbangtan Gowa akan menerima mahasiswa untuk prodi ini,” Ujarnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan menjadi pertimbangan dari hasil FGD ini adalah terkait visi dan misi, profil lulusan, kesiapan TEFA sebelum perkuliahan dimulai, kesesuaian lahan Polbangtan Gowa dengan rencana pembangunan TEFA perkebunan, persiapan laboratorium harus lebih spesifik dan modern dan beberapa penambahan mata kuliah yang berhubungan dengan prodi baru tersebut,” Pungkas Dr. Eka.

Bentuk lain kesiapan Polbangtan Gowa dalam membuka prodi ini adalah telah menyelenggarakan rapat koordinasi “Membangun Teaching Factory (TEFA) Perkebunan Polbangtan Gowa beberapa waktu yang lalu dan ditandai dengan Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MOU) dengan pihak “Cocoa Sustainability Partnership (CSP).

Polbangtan Gowa juga telah mengirimkan 5 PLP ke PT Mars yang berada di Tarengge Kabupaten Luwu Timur untuk melakukan magang tentang tanaman perkebunan cacao selama 21 hari. Dengan harapan, ilmu dan pengalaman yang mereka dapatkan bisa diterapkan nantinya kepada mahasiswa prodi baru ini. (MUZ)

Berita Terkait
Komentar
Terkini