Akhir Tahun, Kepala BPSDMD Makassar Bakal Rotasi dan Mutasi Pejabat Eselon II

BPSDMD Makassar
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Kota Makassar Sittiara Kinang

Terkini.id, Makassar – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Kota Makassar Sittiara Kinang menuturkan, bakal mengadakan mutasi dan rotasi jabatan kepada eselon II.

Namun, kata dia, hal itu mesti melewati Job fit (uji kompetensi) terlebih dahulu.

“Kita akan job fit seluruh jabatan eselon II. Job fit dulu kemudian kita mutasi rotasi. dari hasil job fit itu kita akan mutasi rotasi,” kata Sittiara, Senin, 14 Oktober 2019.

Sittiara menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak provinsi, Kemendagri, dan Komisi Aparat Sipil Negara (KASN) ihwal proses mutasi dan rotasi jabatan.

“Kami koordinasi terkait rencana untuk kita adakan penataan untuk seluruh jabatan yang ada di pemkot Makassar,” ungkapnya.

Ia mengatakan, pihaknya mesti mengajukan rencana kegitan terlebih dahulu. Kendati begitu, ia menyebut uji kompetensi sudah mendapat persetujuan dari pusat namun belum mendapat balasan lantaran harus melalui provinsi.

“Provinsi akan memberikan informasi, melanjutkan surat kita ke Kemendagri walaupun sebelumnya saya sudah ke koordinasi langsung,” paparnya.

Terkait dengan waktu mutasi dan rotasi, ia memperkirakan bakal diadakan di akhir tahun. Sementara untuk jabatan kosong, dia menjelaskan bakal mengadakan lelang jabatan (open bidding).

“Jadi setelah mutasi rotasi, yang betul-betul lowong kita akan open bidding,” ungkapnya.

Selain itu, dia menegaskan pejabat eselon III dan eselon IV juga mengalami hal yang sama. Dia menjelaskan bakal memprioritaskan yang masih non job.

“Kita akan prioritaskan untuk menduduki kembali jabatan yang sudah sekian tahun non job tanpa alasan (jelas) kemarin kan,” jelasnya.

Terkait jumlah pejabat III dan IV, ia mengaku tak tahu persis namun dia memperkirakan sekitar 20-an. Dia menerangkan bahwa pejabat yang sebelumnya terimbas Pilwali bahkan yang sebelumnya bakal dikembalikan.

“Ada yang sampai tiga-empat tahun non job, itu kita kembalikan,” paparnya.

Dia memperkirakan bakal mengadakan rotasi dan mutasi terlebih dubanding pengembalian pejabat eselon III dan IV.

“Bisa juga sambil jalan job fit, kita adakan pengisian jabatan lowong di eselon III IV. Kan job fit dulu, tidak langsung rotasi mutasi. Sambil job fit, bisa saja kita adakan pengisian jabatan di eselon III IV,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini