Andi Sudirman Sebut Warga Sulsel Ingin Menetap di Wamena

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman

Terkini.id — Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyebut, mayoritas warga Sulsel saat ini sedang mengungsi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, tidak ingin meninggalkan daerah tersebut.

Menurutnya, mayoritas warga pendatang khususnya dari Sulsel ingin tetap tinggal dan membangun perekonomian daerah tersebut.

Meskipun harta benda warga pendatang hancur akibat konflik yang terjadi di Wamena.

Hal itu diungkapkan orang nomor dua di Sulsel itu setelah pulang meninjau langsung warga Sulsel yang mengungsi di wilayah itu.

“Saya tanya kepada mereka, mau pulang kampung, mereka bilang ingin tetap tinggal dan membangun sebuah usaha di sana. Kalau dia pulang kampung mereka akan kembali nol lagi. Kalau dia di sana mereka sudah tahu sistem perekonomian, warganya dan sebagainya,” ungkap Andi Sudirman saat menggelar konferensi pers di rumah jabatan wakil gubernur di Makassar, Selasa 1 Oktober 2019.

Adi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ini juga mengharapkan warga Sulsel tetap berada di Wamena dan membangun perekonomian di sana.

“Kita juga mengharapkan seperti itu, kalau mereka semua kembali ke Sulsel siapa yang akan membangun perekonomian di sana. Jadi sekarang jaminannya adalah keamanan,” kata dia.

Tidak hanya itu, Andi Sudirman juga telah meminta ketegasan terhadap pemerintah, terkait jaminan keamanan di Wamena.

“Ketika saya tiba di sana, saya langsung cari Bupatinya untuk meminta ketegasan, jaminan keamanan karena mereka (warga Sulsel) masih mau tinggal. Bupatinya bilang kita akan terus koordinasi dengan TNI-Polri. Memang di sana sudah ada patroli,” ujarnya.

Andi Sudirman membeberkan, warga Sulsel yang ada di Wamena sebanyak 10 ribu orang. Sementara korban akibat konflik sebanyak 12 orang warga Sulsel. Saat ini warga Sulsel kini mengungsi di daerah yang aman, salah satunya di Jayapura.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Sulsel

Tata Tertib DPRD Sulsel Rampung Pekan Ini

Terkini.id -- Ketua Kelompok kerja (pokja) Peraturan Tata Tertib (tatib) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel, Arum Spink menegaskan akan segera menyelesaikan pembentukan Tata
Sulsel

Lima Komisioner KIPD Sulsel Resmi Dilantik

Terkini.id -- Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah melantik lima komisioner Komisi Penyiaran Informasi Provinsi Daerah (KIPD), di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rujab Gubernur Sulsel, Jalan
Sulsel

PPP Siap Dukung Pemerintahan Prof-Andalan

Terkini.id -- Ketua DPW PPP Sulsel, Muhammad Aras menegaskan, partainya akan mendukung pemerintahan gubernur dan wakil gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof