Anggota TNI Saweran Bayar Biaya RS Bayi Warga Miskin yang Baru Lahir

Terkini.id, Jakarta – Di balik latihan yang keras dan pekerjaan berisiko Prajurit TNI juga diajarkan rasa empati yang tinggi.

Hal itu misalnya terjadi di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Para prajurit mengumpulkan rupiah demi membantu perawatan seorang bayi yang baru saja lahir. 

Bukan tanpa alasan, sebab ayah dari bayi tersebut tidak memiliki uang untuk merawat anak serta istrinya.

Bagaimana anggota TNI menjalankan aksi mulia tersebut. Akun Instagram @cetul22, Senin 28 September 2020, menyampaikan lewat video berdurasi 2 menit 13 detik.

Dalam video itu, terlihat para prajurit berkumpul di salah satu rumah sakit di Kabupaten Ngada. Bukan untuk sidak, para anggota TNI ini terlihat tengah lakukan aksi saweran.

Menarik untuk Anda:

“Sosialisasi antara prajurit Tamtama. Ya, sumbangan sukarela untuk membantu bayi yang sementara dirawat di rumah sakit Ngada,” kata salah satu prajurit TNI yang merekam situasi.

“Ini prajurit-prajurit dari Ngada. Atas tindakan ini, mereka urunan untuk membantu anak bayi dari Bapak siapa tadi? dari keluarga siapa tadi yang mau dibantu? dari Mangrai,” sambungnya.

Sesak Napas

Di antara para prajurit ini, terdapat ayah sang bayi yang hendak ditolong oleh mereka. Rupanya, si kecil mengalami sesak napas. Tak hanya itu, bayi mungil tersebut juga baru saja lahir ke dunia.

“Ya, ini yang anak bayi orangtuanya. Sementara ini lagi dibantu oleh para prajurit Babinsa Muda. Pak, anaknya sakit apa pak?,” tanya prajurit TNI ini ke ayah pasien.

“Sakit sesak napas, baru lahir tadi malam,” jawab sang ayah bayi.

“Lahir tadi malam ya?,” tanya prajurit TNI memastikan kembali.

“Sesak napas, sesak napas,” kata sang ayah.

Tak Ada Uang

Prajurit TNI ini lantas bertanya kesulitan apa yang sedang dihadapi pria tersebut. Dengan tanpa malu, ayah sang bayi mengatakan jika tengah kesulitan dalam hal uang. Sebab, administrasi rumah sakit tidak dibantu.

“Kesulitannya apa pak?,” tanya sang prajurit lagi.

“Kesulitannya uang pak,” jawab ayah bayi tersebut.

“Kenapa administrasi rumah sakit tidak dibantu? Kesulitannya apa rumah sakit tidak bantu?,” tanyanya lagi.

“BPJS, Kalau BPJS,” jawab sang ayah tersendat-sendat.

“BPJS kenapa? BPJS ibu masih hidup?,” tanya prajurit memastikan.

“Masih, masih,” jawab sang ayah.

Dirawat Tenaga Ahli

Melihat dan mendengar kesulitan pria tersebut, para prajurit lantas saling bahu membahu menolongnya. Dengan mengumpulkan uang sukarela, para prajurit berniat membantu meringankan biaya rumah sakit si bayi.

Si kecil pun lantas mendapatkan perawatan yang baik oleh tenaga ahli. terlihat di akhir video, si kecil tengah ditolong oleh ibu bidan dan beberapa tenaga medis lainnya.

“Ini bayi yang ditolong sama ibu bidan, yang lahir tadi malam. Uluran tangan dari anak-anak muda, tentara, bapak tentara Kodim 1625,” tandasnya

Aksi Anggota TNI Saweran Bayar RS Bayi
Para prajurit mengumpulkan rupiah demi membantu perawatan seorang bayi yang baru saja lahir. Bukan tanpa alasan sebab ayah dari bayi tersebut tidak memiliki uang untuk merawat anak serta istrinya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kepala Ditebas Warga, Anggota Dewan di Sulsel Alami Pendarahan Parah

Akademisi Kedokteran Unpad Beberkan Penyebab Covid-19 Mudah Menyebar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar