Masuk

Mengejutkan, Anies Baswedan Disebut Mengaku Kurang Tertarik dengan Spirit Kebhinekaan di Depan Kader PKS

Komentar

Terkini.id, Jakarta- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru-baru ini menghebohkan sosial media lantaran disebut telah mengaku kkurang tertarik dengan spirit kebhinekaan di depan kader PKS

Dalam sebuah gambar yang diunggah politisi PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko melalui media sosial pribadinya menyebutkan, di depan kader PKS, Anies mengaku kurang tertarik dengan spirit kebhinekaan

Unggahan gambar soal pengakuan Anies perihal kebhinekaan dilihat terkini.id pada Rabu 1 Juni 2022 dalam akun budimandjatmiko. 

Baca Juga: Soal Politik Identitas, PKB: Sedang Dibuat Pembusukan Kepada Anies Baswedan

Sontak unggahan gambar tersebut menjadi perdebatan dalam kolom balasan akun Budiman Sudjatmiko.

Seorang netizen bernama akun Adiwaswa2 menyamapaikan komentarnya dan mengatakan bahwa pidato Anies Baswedan selalu menyesuaikan kepada siapa dia berpidato. Sehingga, dikatakan pidatonya bisa berubah-ubah. 

“Dimaklumi saja pidato-pidato beliau itu memang selalu menyesuaikan dengan habitatnya jadi bisa berubah-ubah” tulis akun Adiwaswa2, Rabu 1 Juni 2022.

(Twitter/Adiwaswa2)
Baca Juga: Mahfud MD Beri Komentar Terkait Kunjungannya ke Semarang Bertemu Ganjar Pranowo

Menurut netizen tersebut, pernyataan terkait pidato-pidato Anies yang berubah-ubah dimungkinkan merupakan cara politiknya dalam mencari-cari dukungan. 

“Itu mungkin cara politik beliau dalam cari cari dukungan, hehehe,” ungkapnya. 

Adapun netizen lain memberikan komentar dengan menambahkan konteks pernyataan Anies yang tidak disebutkan dalam unggahan gambar Budiman Sudjatmiko. 

Netizen bernama akun demuzidn menambahkan bahwa menurut Anies, yang menarik bukanlah spirit kebhinekaan akan tetapi tunggal ika. 

Baca Juga: Pandangan Surya Paloh: Anies Baswedan Akan Pimpin Indonesia dengan Sangat Baik

“Menurutnya, yang menarik bukanlah spirit kebhinekaan tapi tunggal ika,” tulis akun demuzidn, Rabu 1 Juni 2022. 

Dalam tulisan balasannya, netizen tersebut pun menambahkan kutipan pernyataan Anies yang mendukung pernyataannya sebelumnya. 

“Sebab banyak negeri lain yang lebih Bhinekka dari kita tapi mereka tidak bisa bersatu. Inilah yang unik dari persatuan kita dan harus kita jaga,” papar Anies, dikutip dari akun demuzidn.

(Twitter/demuzidn)

Sementara itu, Budiman Sudjatmiko menyatakan kepada netizen agar tidak menghujat pernyataan Anies sebagaimana dalam gambar. 

Menurutnya, lebih baik pernyataan Anies seperti dalam gambar unggahannya ditanyakan kepada pihak yang bersangkutan dan didebat agar mendapat sebuah pelajaran. 

“Jangan dihujat. Lebih baik ditanyakan dan didebat agar kita bisa menarik pelajaran,” ungkap Budiman. 

“Kaitkan dengan idenya dulu tentang tenun menenun, anyam menganyam kebangsaan,” imbuhnya. 

Budiman lantas menceritakan perihal teman-temannya yang liberal dahulu pernah terkesima dengan pernyataan yang demikian. 

“Soalnya teman2 saya yg liberal permah banyak yg terkesima..dulu,” katanya.

(Twitter/budimandjatmiko)