Masuk

Anies Baswedan Kunjungi Daerah, Rocky Gerung Singgung Ganjar Pranowo

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Pengamat politik Rocky Gerung mengatakan jika kegiatan Anies Baswedan mengunjungi daerah dianggap kampanye oleh beberapa pihak, maka semestinya kandidat Calon Presiden (Capres) lainnya seperti Ganjar Pranowo juga harus dilarang.

Melalui saluran YouTube pribadinya, Rocky Gerung bersama Hersubeno Arief berpendapat dalam dunia politik semestinya tidak ada tindakan diskriminatif.

“Kan kita tahu semua peristiwa publik ada dimensi politik, Ganjar kemana-mana juga ingin jadi presiden kenapa nggak dilarang? Jadi jangan diskriminatif,” ujar Rocky Gerung, dikutip dari saluran YouTube Rocky Gerung Official, Jumat 9 Desember 2022.

Baca Juga: Tak Kunjung Deklarasi Cawapres, Rocky Gerung Prediksi KPK Akan Hajar Anies Baswedan

Lebih lanjut, Rocky Gerung mengingatkan publik kalau Anies Baswedan saat ini tidak berstatus sebagai pejabat negara sehingga tidak melanggar ketentuan yang berlaku.

Oleh karena itu, kegiatan berkeliling daerah yang saat ini dilaksanakan oleh Anies Baswedan tidak dapat diberhentikan.

“Setiap manusia Indonesia nggak perlu masa kampanye untuk bilang ‘saya ingin jadi presiden’, kan UUD kita menjamin keinginan setiap orang memimpin negeri ini harus dihormati,” katanya.

Baca Juga: Rocky Gerung Sebut Megawati Anggap Ganjar Pranowo Sekadar Petugas Jokowi

Kemudian, mantan pengajar di Universitas Indonesia ini membandingkan kunjungan Anies Baswedan ke daerah dengan acara pernikahan anak Jokowi, Kaesang.

Menurutnya, dalam acara pernikahan Kaesang dan Erdina, pastinya banyak tokoh politik yang datang serta menemui Jokowi untuk meminta restu.

“Kalau semua kegiatan Anies dianggap kampanye awal karena ingin jadi presiden mestinya perkawinan Kaesang di Solo dibatalkan karena itu akan jadi orang mendekati Presiden Jokowi supaya dapat restu,” tuturnya.

Sebagai informasi, Aliansi Pemuda Cinta Demokrasi (ACPD) menilai kunjungan Anies Baswedan ke Masjid Baiturrahman, Aceh adalah praktik politik identitas di tempat ibadah.