Anies Dapat Banyak Dukungan dari NasDem, PDIP Ingatkan Batas Usungan Pada Capres

Terkini.id, Jakarta – Nama Anies Baswedan ramai diusulkan dalam Pilpres 2024, sebagian besar Dewan Pimpinan Daerah Partai NasDem ikut memberikan usungan pada  Anies.  Sedangkan setiap partai politik mempunyai syarat batasan dalam melakukan usungan pada calon presiden yaitu sebesar 20 persen, berdasarkan penuturan Hasto Kristiyanto selaku Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Sabtu, 28 Mei 2022.  

Usai menghadiri Festival Kopi Tanah Air yang diadakan PDIP, Hasto menungkapkan terkait syarat batas memberikan usungan pada capres dari tiap parpol.

“Untuk mencalonkan calon presiden dan wakil presiden, konstitusi mengatakan bahwa sekurang-kurangnya ada 20 persen kursi di DPR,”  ucap Hasto, dilansir dari cnn.indonesia.com

Baca Juga: Relawan Anies: Kami Tunggu Pak Anies Baswedan di Papua, Yang...

Berdasarkan hal tersebut Hasto juga mengungkapkan terkait pihaknya yang tidak akan melakukan interverensi kebijakan dan strategis yang dilakukan partai politik lain.  

 “PDI Perjuangan tidak pernah intervensi atas kebijakan dan strategi partai politik lain. Setiap partai itu punya hak, punya kedaulatan dalam mengambil keputusan politik,” katanya.

Baca Juga: Ruhut Sitompul ‘Sindir’ Anies Baswedan: Mau Begini Presiden RI 2024,...

Saan Mustopa selaku Ketua DPW NasDem wilayah Jawa Barat juga mengungkapkan terkait beberapa pihaknya yang siap untuk memilih Anies dalam Pilpres 2024.

Bahkan pertimbangan tersebut sudah dilaporkan pada Ketua Umum Partai NasDem yaitu Surya Paloh dalam rapat kerja nasional (rakernas) yang dilaksanakan pada 15 sampai 17 Juni di Jakarta.  

“Dari sekian banyak DPD, itu kan mayoritas, umumnya kan minta Pak Anies untuk dipertimbangkan untuk diusulkan dalam rakernas ke ketua umum,” kata Saan pada Rabu, 4 Mei 2022.

Baca Juga: Ruhut Sitompul ‘Sindir’ Anies Baswedan: Mau Begini Presiden RI 2024,...

Tidak hanya itu saja, bahkan Anies mendapat beberapa dukungan dari DPW NasDem wilayah Aceh.

Teuku Taufiqulhadi selaku Ketua DPW Partai NasDem wilayah Aceh juga mengungkapkan bahwa sosok Anies sudah melekat dan dekat dengan hati rakyat Aceh.

Anies juga menjadi salah satu pendiri ormas dari Nasional Demokrat. 

Nama Anies juga muncul dalam rekomendasi DPW NasDem DKI Jakarta-Banten.

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Banten-DKI Jakarta NasDem A. Effendy Choirie menyebut mayoritas kader NasDem di wilayahnya mendukung Anies.

Nasdem harus menggandeng partai lain jika ingin mengusung capres. Sementara PDIP sebagai pemenang pemilu bisa mengusung sendiri capres dan cawapresnya.

Bagikan