Australia Temukan Cara Simpel Bersihkan Sungai dari Sampah Plastik

Terkini.id – Sampah selalu menjadi persoalan serius di sejumlah kota. Kesadaran masyarakat yang kurang, dan selalu saja membuang sampah di kanal dan sungai hampir sulit dilarang pemerintah.

Di sisi lain, upaya pemerintah di berbagai untuk meningkatkan kebersihan kanal belumlah optimal.

Nah, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dicontoh untuk menjaga kebersihan sungai atau kanal dari polusi sampah plastik. Salah satunya adalah apa yang dilakukan pemerintah Australia ini.

Pada musim panas 2018 lalu, pihak berwenang di kota Kwinana Australia memasang sistem penyaringan baru di Henley Reserve.

Sistem ini sangat sederhana. Baik pemerintah maupun warga negara dengan cepat melihat manfaat menggunakannya, dan mereka puas.

Sistem penyeringan air ini terdiri dari jaring yang ditempatkan di saluran keluar pipa drainase yang membantu menangkap puing-puing dan menjaga lingkungan terlindung dari kontaminasi.

Pipa-pipa tersebut mengalirkan air dari area perumahan ke area yang bersih sampah. Sampah sampah dari tempat-tempat itu bisa sangat besar dan berbahaya bagi lingkungan.

Selain itu, sampah ini biasanya hanyut oleh hujan lebat yang menarik semuanya ke sistem drainase.

Pemerintah kota mulai dengan memasang dua jaring dan terkejut dengan hasilny. Saat sistem filtrasi baru, mereka berhasil menangkap lebih dari 800 pon sampah dalam beberapa minggu.

Jadi, sudah diputuskan untuk memasang “perangkap” sampah itu di seluruh kota dan meminimalkan polusi terhadap satwa liar dan lingkungan di sekitarnya.

Meskipun pemasangan dan pembuatan jaring ini membutuhkan biaya (masing-masing sekitar $ 10.000), keseluruhan sistem masih cukup menguntungkan karena mereka memberikan penghematan biaya yang signifikan ke depan.

Misalnya, mereka sekarang menghemat biaya tenaga kerja yang sebelumnya harus mereka bayar untuk orang yang akan mengumpulkan semua sampah secara manual.

Ketika jaring sudah penuh, alat itu kemudian diangkat, dan sampah dimasukkan ke dalam truk pengumpul khusus dan diangkut ke pusat pemilahan sampah.

Di sana, semuanya dibagi menjadi bahan yang tidak dapat didaur ulang dan dapat didaur ulang, yang kemudian dilanjutkan untuk diproses lebih lanjut.

Sistem filtrasi baru membuktikan bahwa hal-hal kecil itu penting. Berfokus pada mereka dapat memiliki dampak yang signifikan dan positif pada lingkungan dan kemanusiaan kita secara umum.

Berita Terkait
Komentar
Terkini