Ayo Simak 6 Fakta Berikut Seputar SNMPTN 2021

Terkini.id, Jakarta – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN maupun SNMPTN Premium adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.

Seleksi yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ini merupakan salah satus seleksi masuk perguruan tinggi selain seleksi mandiri serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Dilaksanakan setiap tahun, SNPMTN akan kembali digelar di tahun 2021. Untuk itu, ayo simak 6 Fakta pelaksaan SNMPTN 2021!

Baca Juga: Berkunjung Ke Makassar, Kemendikbud Bicara Soal Festival Jalur Rempah

1. Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2021 akan dibuka, Senin, 15 Februari 2021 pukul 15.00 WIB hingga 24 Februari 2021.

2. Hanya peserta didik yang memenuhi syarat yang bisa mendaftar. Hal ini bisa dilihat melalui laman setelah login. Jika memenuhi syarat mendaftar SNMPTN, akan muncul tampilan login. Jika tidak memenuhi syarat, akan muncul pesan “Mohon maaf, anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2021. Silakan mengikuti SBMPTN 2021”.

Baca Juga: Soal Nadiem Direshuffle, Jubir Jokowi: Hanya Presiden dan Tuhan yang...

3. SNMPTN 2021 memiliki aturan bahwa setiap peserta didik dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau 2 PTN/Politeknik Negeri.

Jika peserta didik hanya memilih satu program studi, dibebaskan dari PTN/Politeknik Negeri manapun, namun jika memilih dua program studi wajib memilih PTN/Politeknik Negeri setempat.

4. Peserta didik wajib mengisi portofolio pada laman yang tersedia. Selain itu, peserta didik juga bisa memasukkan prestasi yang dimiliki di laman yang tersedia. Pastikan data yang peserta didik cantumkan adalah data valid.

Baca Juga: Soal Nadiem Direshuffle, Jubir Jokowi: Hanya Presiden dan Tuhan yang...

5. Peserta didik wajib memfinalisasi semua data yang telah dilampirkan. Setelah itu, peserta didik dapat mengunduh Kartu Registrasi SNMPTN 2021 melalui link yang akan ditampilkan.

Pengumuman SNMPTN 2021 akan dilaksanakan pada 22 Maret 2021 mendatang.

6. Terdapat 80 Perguruan Tinggi Negeri dan 40 Politeknik Negeri yang dapat dipilih oleh peserta didik dalam SNMPTN 2021 ini.

7. Pada SNMPTN 2021, LTMPT mengimbau kepada peserta didik agar turut berpartisipasi dalam Gerakan Calon Mahasiswa Indonesia Melawan Corona atau Duta Anti Corona. 

Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengunggah infografis dan foto diri menggunakan twibbon yang disediakan oleh LTMPT di media sosial masing-masing.

Bagikan