Bahas Banjir Gowa, Bupati Sebut Lahan di Bawakaraeng yang Berubah Jadi Kebun Pribadi

Jembatan di dekat Bendungan Bili-bili, Kabupaten Gowa rusak dihantam air
Jembatan di dekat Bendungan Bili-bili, Kabupaten Gowa rusak dihantam air

Terkini.id, Gowa – Pemerintah Kabupaten Gowa saat ini tengah fokus melakukan pemulihan pasca-bencana yang melanda kabupaten tersebut, pada Selasa 22 Januari 2019 lalu.

Satu dari bebeberapa hal yang menjadi perhatian pemerintah adalah, lahan-lahan yang ada di pegunungan Bawakaraeng harus dijaga agar tetap hijau.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo juga menyebutkan, lahan-lahan konservasi harus dijaga dari perubahan menjadi kebun pribadi.

“Kemarin meninjau bendungan Bili-bili dan jembatan yang terputus, dan rapat pemulihan pasca-bencana yang dipimpin langsung oleh Bapak Wapres di kantor Gubernur,” terang Bupati Gowa.

Dalam rapat tersebut, di hadapan Wapres, Bupati Gowa menyampaikan tiga hal yang perlu menjadi perhatian pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, antara lain:

1. Bangun Bendungan Jenelata

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meninjau Bendungan Bili-Bili di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Minggu 27 Januari 2019. /Nasruddin

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan meminta agar segera dibangun bendungan Jenelata yang berada tepat di samping bendungan Bili-bili.

“Bendungan Jenelatan bisa berfungsi untuk mereduksi aliran air saat hujan deras berlangsung,” katanya.

Untuk diketahui, saat banjir terjadi di Gowa, Selasa lalu, bukan hanya diakibatkan oleh pembukaan pintu air bendungan Bili-bili.

“Banjir juga terjadi karena adanya arus deras dari aliran Jenelata, sehingga ketemu di hilir,” jelasnya.

2. Perbaikan di Hulu Sungai

Pemerintah juga, menurut Adnan, harus segera melakukan perbaikan di hulu bendungan.

“Salah satunya menghijaukan kembali Gunung Bawakaraeng, serta menjaga lahan-lahan konservasi yang berubah menjadi lahan perkebunan pribadi,” tulisnya melalui media sosial.

3. Dukungan Pemprov dan Pemerintah Pusat

Bupati Gowa juga memohon dukungan anggaran Pemerintah pusat dan Pemprov Sulawesi Selatan untuk bisa memperbaiki infrastruktur-infrastruktur yang rusak akibat banjir dan longsor.

“Semoga dapat segera ditindak lanjuti, sebab tiga usulan saya alhamdulillah direspons baik oleh Bapak Wapres, Menteri PUPR & Kepala BNPB,” jelasnya.

Berita Terkait