Bahas Pengamen, Pendakwah Khalid Basalamah: Menyanyi Dilarang dalam Agama Islam

Terkini.id, Jakarta – Sebuah video lawas yang memperlihatkan pendakwah Ustaz Khalid Basalamah tengah ceramah di hadapan jemaah dan membahas soal pengamen yang menyanyi, beredar di media sosial.

Setelah ditelusuri, video ceramah lawas Ustaz Khalid Basalamah membahas soal pengamen dan menyanyi tersebut diunggah kanal Youtube Umat Akhir Jaman, seperti dilihat pada Sabtu 5 Juni 2021.

Dalam tayangan video berjudul ‘Hadits Cinta Tanah Air Hadits Palsu Super’ yang diunggah pada satu tahun lalu tersebut, awalnya Khalid Basalamah membacakan pertanyaan dari seorang jemaah.

Baca Juga: Singgung Pendakwah Khalid Basalamah, NU: Gagasan Purifikasi Islam Harus Dilawan

Dalam pertanyaannya, jemaah itu menanyakan ke Ustaz Khalid bagaimana sikap kita apabila melihat pengamen. Apakah harus memberi mereka uang atau tidak.

“Bagaimana sikap kita bila ada sekelompok kumpulan anak muda yang mengamen, bukan rahasia lagi kalau di Jakarta ini pengamen sebuah pekerjaan. Apakah kita harus memberinya uang yang saya lihat uang dari hasil mengamen digunakan untuk membeli rokok atau minuman keras,” ujar Khalid Basalamah membacakan pertanyaan jemaah itu.

Baca Juga: Bahas Fenomena Malu, Ramzi ‘Diserang’ Aldi Taher hingga Bawa Khalid...

Menjawab hal tersebut, Khalid pun menegaskan bahwa dalam Al-Qur’an menyanyi maupun mengamen adalah hal yang dilarang dalam ajaran Islam.

“Tentu saja dalam Al-Qur’an, dalam agama saya sudah jelaskan bahwa menyanyi, mengamen tidak ada anjurannya dalam agama Islam. Malah lebih cenderung dilarang,” ungkapnya.

Oleh karena itu, menurut Khalid, perbuatan pengamen yang menyanyi tersebut dilarang dalam agama Islam.

Baca Juga: Bahas Fenomena Malu, Ramzi ‘Diserang’ Aldi Taher hingga Bawa Khalid...

“Berarti perbuatan mereka (pengamen) memang perbuatan yang dilarang dalam agama Islam. Sebaiknya jangan,” tuturnya.

Namun, kata Khalid, beda halnya dengan orang-orang yang meminta-minta atau mengemis tanpa menyanyi. Menurutnya, hal itu masih ada dalam ajaran Islam.

“Minta-minta (mengemis) masih ada dalam ajaran Islam, orang minta tanpa nyanyi itu ada dalam Islam. Orang minta kita bantu,” kata Khalid Basalamah.

Ia pun mengatakan, apabila ingin memberi uang kepada pengamen maka pemberian itu kita berikan karena melihat kondisi mereka.

“Jadi memang perilaku mengamen ini perilakunya sendiri sudah tidak benar. Kalau kita beri pun, kita beri karena keadaan dia miskin,” ucap Ustaz Khalid.

Khalid Basalamah dalam tayangan video itu juga menceritakan pengalamannya saat memberi sesuatu kepada pengamen. Namun, pemberiannya tersebut bukan karena mereka menyanyi melainkan karena kondisi mereka.

“Saya pernah memberi sesuatu kepada pengamen, saya bilang ‘mas saya kasih ini karena keadaan anda yah’ bukan karena menyanyinya,” ujarnya.

Bagikan