Bahas Tantangan Smart City, HMJ Teknik PWK UINAM Gelar Seminar Nasional

HMJ Teknik PWK
Bahas Tantangan Smart City, HMJ Teknik PWK UINAM Gelar Seminar Nasional

Terkini.id, Makassar – Mahasiswa HMJ Teknik Pengembangan Wilayah Kota (PWK) UIN Alauddin Makassar (UINAM) melaksanakan kegiatan Seminar Nasional bertemakan “Strategi Pembangunan dan Tantangan Menuju Smart City” yang merupakan salah satu item kegiatan dari Celebes Plano Festival Vol. III.

Seminar Nasional ini merupakan kegiatan pembuka Celebes Plano Festival yang merupakan program kerja terakhir dari HMJ Teknik PWK periode 2019.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan adalah kuliah umum di tanggal 22 November 2019, Debat Ilmiah dan futsal di tanggal 25-27 November 2019, serta acara puncak yakni pentas seni di tanggal 29 November 2019.

Ketua Panitia, Galang Rimbawan berpesan kepada panitia serta mahasiswa PWK untuk tetap fokus dan bersemangat dalam menyukseskan kegiatan

“Karena sukses tidaknya acara akan tercatat sebagai bukti sejarah kepengurusan HMJ periode ini,” ujarnya, Kamis, 21 November 2019.

Seminar Nasional ini menghadirkan beberapa materi yaitu Ir. Firdaus, S. T., M. S (Ikatan Ahli Perencanaan), M. Ridha Ridha Rasyid (Staf Khusus PJ Walikota/Kepala Bidang Kebijakan Daerah Badan Litbang Kota Makassar), Prof. Dr. Ananto Yudono, M. Eng (Akademisi), Ir. Tenriawaru Natsir, M. Si (Dinas Tata Ruang), serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan, dan dimoderatori oleh Despry Nur Annisa, S. T., M. Sc.

Adapun pemaparan pemateri mengenai Smart City yakni bagaiamana menciptakan suatu kota cerdas yang humanis. Strategi dalam menghadapi tantangan Smart City harus dimulai dengan membangun manusianya.

“Di Era Revolusi Industri 4.0 tidak bisa dielakkan lagi baik kota-kota besar dan kecil akan menuju kota yang cerdas atau Smart City yang identik dengan teknologi,” kata Galang.

“Kerjasama dari semua pihak baik itu pemerintahan, swasta, masyarakat dan mahasiswa sangat diperlukan demi terciptanya Smart City yang bisa menyejahterakan masyarakat,” pungkasnya.

Citizen Reporter: Nurhaliza Ainun

Berita Terkait