Masuk

Balas Sindiran AHY ke Jokowi, KSP: SBY Juga Melanjutkan Pemerintahan Sebelumnya

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ade Irfan Pulungan menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang membandingkan pemerintahan era Jokowi dengan masa kepemimpinan SBY.

KSP pun menilai, pernyataan AHY yang membandingkan pemerintahan di masa SBY dengan Jokowi itu harusnya dijadikan bahan refleksi diri.

Sebelumnya, AHY sempat membandingkan proyek pembangunan infrastruktur yang terjadi di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan pemerintahan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Rizal Ramli Ungkap Jokowi Pernah Curiga Kalau SBY Dibalik Gerakan 212

Ia menyindir pemerintahan kekinian seolah-olah telah banyak membangun infrastruktur, padahal hanya sekedar melakukan seremoni gunting pita belaka.

Mulanya, AHY menyebut banyak pembangunan atau proyek infrastruktur yang dibangun di era SBY tapi tidak banyak dipublikasikan.

“Dan jadi mohon maaf nih nggak apa-apa teman-teman media bisa menangkap pesan ini. Ada yang mengatakan misal, jaman dulu nggak ada pembangunan infrastruktur nyatanya banyak,” kata AHY dalam pidato pengarahannya di Rapimnas Demokrat 2022 di JCC Jakarta, pada Kamis kemarin.

Baca Juga: Soal Capres, Pengamat Minta Jokowi Belajar Kepada SBY

AHY kemudian menyebut banyak proyek yang dibangun, direncanakan, dipersiapkan, dialokasikan di era SBY sudah mencapai 70 sampai 90 persen.

Akan tetapi, kata AHY, justru di era pemerintahan selanjutnya diklaim dan dijadikan seremoni untuk sekedar gunting pita saja dalam proyek tersebut.

“Setahun gunting pita kira-kira masuk akal nggak? Ya kita ngga perlu juga diapresiasi tapi jangan mengatakan, ‘ini kehebatan kita, satu tahun gunting pita’,” ujar AHY.

Terkait pernyataan AHY tersebut, Tenaga Ahli Utama KSP Ade Irfan Pulungan pun menilai seharusnya ucapan dari putra SBY itu dijadikan refleksi diri.

Baca Juga: Heboh, Pernyataan Jokowi Seputar Pemimpin Rambut Putih, Denny Siregar: Bukan Ganjar, Bapak Rambutnya Hitam

Pasalnya, menurut Ade, SBY di awal pemerintahannya dulu juga turut meneruskan pembangunan yang sudah dijalankan dari pemerintahan sebelumnya.

“Kalau pernyataan AHY seperti itu tentu juga dia harus refleksi diri lagi pada saat misalnya awal pemerintahan Pak SBY dia juga melanjutkan pemerintahan sebelumnya,” kata Ade, dikutip dari suara.com jaringan terkini.id, Kamis 15 September 2022.

Selain itu, Ade juga meminta agar perihal pembangunan infrastruktur itu tidak perlu menjadi suatu perdebatan. Sebabnya, pembangunan dalam suatu negara itu berjalan secara berkesinambungan.

“Enggak usah juga dipertentangkan dan juga enggak usah diperdebatkan dan dibuat polemiklah,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ade juga berpendapat kalau setiap pemimpin harus meneruskan pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemerintahan sebelumnya.

“Ya, emang harus seperti itu kan (melanjutkan), namanya juga pemerintahan Republik Indonesia, Presiden juga Presiden Republik Indonesia. Tentunya dia bekerja untuk rakyat Indonesia, untuk negara Indonesia,” ujarnya.