Bareng Dr Hady, Ir Habibie Ajak Investor Dubai Bangun Pabrik Nikel Jadi Baterai

Terkini.id, Jakarta – Dr. Hady Efendy dan Ir. Habibie Razak melakukan presentasi di Dubai, Rabu 23 Desember 2020, untuk mengajak Investor UAE membangun Pabrik Nikel menjadi Baterai.

Dalam presentase itu, Dr. Hady Efendy dan Ir Habibie Razak memaparkan Investment Project Ready to Offer untuk HPAL Smelter Plant and Battery Manufacturing Plant project opportunity di depan para Investor Uni Emirat Arab di Hotel Ritz-Carlton, Dubai.

Dr Hady membuka presentasi memperkenalkan tujuan dari IPRO presentation ini yang kemudian dilanjutkan oleh Ir. Habibie Razak selama kurang lebih 15 menit di depan para investor yang hadir langsung maupun yang bergabung secara daring.

Baca Juga: Jadi Pembicara Kuliah Umum Universitas Malang, Ir Habibie Bahas Seluk...

Ir. Habibie dalam paparannya menyampaikan bahwa berdasarkan RIPIN 2015 – 2030 yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian, mineral seperti nikel, bauksit, aluminium dan lainnya bukan hanya diproses sampai menjadi intermediate product saja tapi ke depannya akan diproses menjadi produk jadi seperti alloy, stainless steel, baterai dan end-product lainnya.

“Smelter dan Battery Manufacturing Plant semuanya harus dibangun di dalam negeri,” ungkap Ir. Habibie.

Baca Juga: Hadir di Sesi AER, Ir Habibie Razak: PII Punya 39...

Lanjut Ir Habibie mengungkapkan, Pemerintah dalam upayanya mengundang investasi di Indonesia telah mengeluarkan Omnibus Law yang akan memberikan kemudahan di dalam berusaha terkait perijinan, one map, dan kemudahan kemudahan di dalam pendirian kawasan ekonomi khusus (KEK) untuk kawasan atau lokasi yang dianggap mampu memberikan kontribusi signifikan untuk daerah dan nasional.

Setelah sesi paparan, Dr. Hady menyempatkan berdiskusi dengan salah satu investor yang beroperasi di Dubai. Investor ini sementara membuat studi kelayakan pembangunan Nickel Smelter di Indonesia dan juga sangat tertarik untuk membangun proses pemurnian emas di Indonesia.

Acara ini terlaksana atas kerjasama BKPM Jakarta dan UAE Indonesia Investment Promotion Center (IIPC).

Dr Hady Efendy (tengah) dan Ir Habibie Razak (kanan)

Baca Juga: Ir Habibie Razak: Insinyur Struktur Perlu Paham SNI Desain Gempa

Salah satu kegiatan BKPM selama berada di Dubai beberapa hari ini adalah mengunjungi Pengurus Kamar Dagang dan Industri, Dubai, United Arab Emirates.

Sponsored by adnow
Bagikan