Bayi Masukkan Kakinya ke Mulut, Apakah Pertanda Baik atau Buruk?

Terkini.id – Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan si bayi, ada saja hal-hal baru yang dia tunjukkan.

Hal-hal baru yang dilakukan si kecil itu seringkali menggemaskan dan menghibur para orang tua.

Tingkah lucu itu seperti babbling dengan mulutnya yang kecil, bersendawa saat melakukan kontak mata langsung, atau memasukkan kaki mereka di mulutnya.

Nah, yang paling terakhir memang nampak aneh. Mengapa bayi memasukkan kaki ke mulut? Apakah itu hal yang buruk atau tidak?

Pertanda Baik

Mungkin Anda menyukai ini:

“Salah satu cara utama saat bayi belajar adalah dengan menggunakan mulut mereka. Ini adalah cara bayi untuk merasakan berbagai rasa dan sensasi,” terang Elisabeth Oxenrider, Praktisi Perawat Neonatal di Pusat Medis Dokter di Modesto, California.

Baca Juga: Luput dari Perhatian Ibunya, Bayi Ini Nyaris Jatuh dari Tempat...

Elisabeth mengungkapkan, saat bayi mulai bisa lebih banyak mengontrol tubuhnya dan memiliki kemampuan untuk memasukkan kaki ke mulut, bayi tersebut menyadari bahwa dia menemukan sesuatu yang baru dan menarik.

“Bagi beberapa bayi, tindakan mengisap jari kaki mereka mungkin menenangkan. Bagi yang lain itu adalah bentuk permainan yang menyenangkan,” tambahnya.

Menurut penelitian pada 2017 oleh Endocrine and Metabolic Disorders, mulut dipenuhi oleh ujung saraf yang membawa informasi sensorik ke otak.

Baca Juga: Aksi Heroik Ibu Tinggalkan Bayinya Demi Tolong Nyawa Orang Lain

Saat bayi meletakkan tangan, kaki, atau bahkan mainan ke dalam mulut, dia sebenarnya mencoba untuk mencari tahu bagaimana benda itu terasa.

Alasan mengapa bayi memasukkan kaki ke mulut salah satunya adalah kaki merupakan mainan yang tidak pernah jauh, dan kadang-kadang satu-satunya pilihan untuk bayi yang tidak bisa bergerak untuk bermain.

“Sederhananya, bayi meletakkan kaki mereka di mulut mereka karena mereka bisa melakukan itu,” ujar Ben Hoffman, M.D., dokter anak di OHSU Doernbecher Children’s Hospital.

Menurut Ben, sekitar usia 3 bulan atau lebih, sebagian besar bayi dapat dengan sengaja memasukkan tangan ke mulut mereka, pada usia sekitar 6 bulan mereka menemukan kaki sebagai mainan barunya. Hal itu adalah cara bayi menjelajahi dunia adalah dengan mulut mereka.

“Karena mereka sangat fleksibel, mereka dapat dan akan meletakkan kaki di mulut mereka sebagai bagian dari eksplorasi itu,” tambahnya.

Ada kemungkinan bahwa dengan merasakan tekstur non-cair, ketika bayi memasukkan kaki ke mulut, Si Kecil menjadi terbiasa dengan makanan padat tersebut.

Ini akan menjadi bagian dari persiapan bayi untuk makan. Pada usia 24 bulan, bayi harus memiliki pemahaman yang kuat bahwa hanya makanan yang boleh masuk ke mulut.

Oleh karena itu, biasakan membersihkan kaki
Saat bayi memasukkan kaki ke mulut, yang dikhawatirkan adalah kuman-kuman yang ikut masuk ke dalam mulut.

“Tetapi kebanyakan bayi memiliki kaki yang relatif bersih sampai mereka mulai berjalan. Karena biasanya bayi menggunakan kaus kaki, kondisi kaki tidak akan terlalu kotor,“ kata Elisabeth.

Jika orangtua benar-benar mengkhawatirkan kondisi kebersihan kaki Si Kecil, bilas sedikit kaki Si Kecil sebelum membiarkan bayi memasukkan kaki ke mulut.

Cobalah untuk menjaga kaki bayi tersebut sebersih mungkin. Tapi jangan khawatir jika bayi membuat kakinya sedikit kotor saat merangkak atau berguling-guling.

Setelah bayi mulai bergerak aktif, sangat penting untuk memastikan lingkungannya tetap bersih dan aman.

Moms harus memastikan tidak ada benda kecil yang bisa diambil dan dimasukkan ke dalam mulut Si Kecil.

Perkembangan Si Kecil sangat sayang untuk dilewatkan. Pastikan Anda memotretnya saat bayi memasukkan kaki ke mulut, karena bisa jadi sangat menggemaskan!

Bagikan