Manfaat Air Tebu Untuk Kulit, Bikin Wajah Jadi Awet Muda

Air Tebu

Terkini.id – Keadaan udara sangat panas membuat beberapa macam minuman air kelapa, es jeruk, dan air tebu yang ada dan semakin dicari di hampir setiap pojok jalan.

Rasa manis dan segar air tebu tak hanya berguna sebagai penawar dahaga, tapi juga banyak kegunaan untuk kesehatan dan semakin dicari. Air tebu justru mampu menjaga gigi dari pembusukan.

Dan minuman ini meski manis, juga bisa dijadikan senjata ampuh melawan kanker, menguatkan organ tubuh, serta mengeluarkan racun-racun dari tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kegunaan air tebu bagi kesehatan kulit dan wajah.

1. Air tebu mampu mengatasi jerawat Saccharum officinarum.

Manfaat Air Tebu
Ilustrasi. (foto: starberita.com)

Tanaman dengan nama latin ini membantu orang mengatasi jerawat. Cukup menggunakan air tebu, maka jerawat pun menghilang dari muka. Penggunaan air tebu sebagai masker akan mendapatkan hasil maksimal.

Bagi mereka yang memiliki kulit mudah berjerawat, Anda bisa membuat masker dari air tebu dan pepaya untuk kulit halus bebas jerawat.

Cukup mencampur air tebu dari batangnya sepanjang 30 sentimeter dan 100 gram pepaya yang telah dihaluskan. Campur hingga menjadi pasta lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit hingga masker mengering. Kemudian, bilas wajah dengan air bersih. Agar wajah lebih segar, kompres dengan air dingin.

2. Menjaga kulit dari penuaan dini.

Manfaat Air Tebu
Ilustrasi. (foto: jadihits.com)

Saat usia bertambah, wajah akan menunjukkan tanda-tanda seperti kerutan di sekeliling mata dan garis senyum di dekat bibir. Anda bisa mengatasi dengan air tebu yang mampu menghentikan kemunculan tanda proses lebih lanjut.

Kandungan komponen-komponen Air tebu mengandung antioksidan, flavonoid, dan komponen fenolik. ini membantu kulit tampak bercahaya, lembut, dan lembab.

3. Eksfoliator

Manfaat Air Tebu
Ilustrasi. (foto: journal.sociolla.com)

Tidak sulit mendapatkan tanaman ajaib ini di Indonesia. karena tebu merupakan tanaman asli dan terpencar di negara-negara Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Tebu bisa digunakan sebagai gula tebu yang mengandung asam glikolat dan mampu membantu mengangkat sel kulit mati, kotoran, minyak yang dapat menutup pori-pori. Bahan alaminya membuat kulit aman dan minim risiko iritasi adalah eksfoliator atau scrub.

Berita Terkait
Komentar
Terkini