Berbagi Sembako dengan Penyelam yang Lumpuh di Pulau Barrang Lompo

Relawan memberikan bantuan sembako kepada sejumlah penyelam yang lumpuh di Pulau Barrang Lompo, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Kota Makassar
Relawan memberikan bantuan sembako kepada sejumlah penyelam yang lumpuh di Pulau Barrang Lompo, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Kota Makassar

Terkini.id, Makassar – Pagi yang cerah, di hari Kamis 07 April 2020, relawan bergegas ke Dermaga Galangan Kapal. Menuju Pulau Barrang Lompo, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Kota Makassar.

 

Relawan Kombes ditemani Amiruddin Massiga  menggunakan Jolloro (perahu kecil nelayan tradisional). Mengangkut paket sedekah untuk warga pulau yang lumpuh akibat menyelam.

Cuaca cukup bersahabat. relawan berangkat pukul 06.30 dan tiba di dermaga Pulau Barrang Lompo sekitar pukul 07.05 Wita.

Ketua RW 03 Kelurahan Barrang Lompo Aska menjemput dan mengantar relawan ke rumah warga yang akan diberikan paket sedekah.

Baca juga:

Rumah pertama yang dikunjungi adalah rumah Sopyan. Sopyan lumpuh sejak 8 tahun yang lalu. Setelah melakukan penyelaman di sekitar Taka Sangkarrang. Beberapa mil dari Pulau Barrang Lompo.

Kegiatan penyelaman hingga ke dasar laut merupakan mata pencaharian Sopyan dan beberapa warga pulau. Mencari teripang, karang dan biota laut lainnya untuk dijual.

Petaka terjadi kepada Sopyan. Bermula saat sedang asyik-asyiknya mengumpulkan teripang, tiba-tiba dia mengalami halusinasi. Melihat sebuah benda mirip kasur yang menyeramkan.

Dia pun bergegas ke permukaan. Malang baginya, tiba-tiba bagian tubuhnya mulai dari perut ke bawah tidak mampu digerakkan. Sopyan lumpuh.

“Kaget ka lihat makhluk seperti kasur. Kayak  monster yang biasa ada di televisi. Jadi langsung ka buru-buru kembali ke atasm,” kata pria yang akrab disapa Sopi.

Warga lain yang juga lumpuh sejak beberapa tahun yang lalu yakni Rian (24 tahun) dan Yahya (41 tahun). Saat menyelam, mereka tidak menggunakan alat yang aman. Hanya menggunakan kompresor.

Mereka mengalami kelumpuhan dan bahkan ada yang meregang nyawa karena mengalami dekompresi atau gangguan pada aliran darah dan organ tubuh. Akibat aktivitas penyelaman yang kembali ke permukaan dengan cepat. Tidak mengikuti aturan dasar keselamatan menyelam.

Penyerahan paket kepada penyelam yang lumpuh dilakukan oleh Ketua Makassar Suci Almalik Musafir Kelana, Ketua LAW2 Community Suryadi Yamin, didampingi Ketua RW 03, Aska.

“Alhamdulillah, bisa mendampingi Kombes berbagi sedekah kepada beberapa warga kami di sini. Kami ucapkan terima kasih ada perhatian juga untuk warga pulau,”ujar Aska.

Komentar

Rekomendasi

Gladian Nasional Pecinta Alam Indonesia XV Resmi Ditunda

Kandaya Squad: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Ungkapan Syukur Hut 30 Tahun, HDCI Cabang Makassar Bersatu Berbagi di Tengah Pandemi

PT Hasjrat Abadi Group Cabang Makassar Serahkan Ribuan APD ke Gugus Tugas Sulsel

Masika ICMI Kembali Bagi Paket Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19

Ramadan di Tengah Pandemi, Sirionity Chapter Celebes Berbagi Takjil dan Masker

Pemkot Makassar Izinkan Warga Mudik, Tapi Dengan Syarat

Tim Program Peduli Sosial Sambangi Warga Prasejahtera di Jalan Sunu, Dihadiri Pejabat

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar