Bercermin ke Kejadian Lapas Tangerang, Rutan Kelas I Makassar Berbenah

Terkini.id, Makassar – Kejadian di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tangerang jadi cermin bagi Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Makassar untuk berbenah mengantisipasi lebih dini terjadinya hal-hal yang dapat membahayakan dan mengancam keselamatan penghuninya.

Atas kejadian itu Rutan Kelas I Makassar menggandeng PLN untuk melakukan pengecekan instalasi listrik.

Kepala Kesatuan Pengamanan, Dian Eka Junianto mengatakan pihaknya telah memberikan pengarahan kepada seluruh warga binaan di Rutan Kelas I Makassar.

Baca Juga: Kunjungan Tatap Muka di Rutan Makassar Dibuka Kembali, Keluarga Bisa...

Dian mengajak untuk selalu waspada dan tidak melakukan tindakan terlarang yang dapat mengakibatkan gangguan keamanan dan ketertiban, khususnya masalah kelistrikan.

“Tadi malam kami jajaran pengamanan melakukan sidak di semua blok hunian, sterilisasi kamar guna mencegah terjadinya kebakaran dan gangguan kamtib lainnya. Selain itu juga meminta dukungan dan kerjasama dari warga binaan untuk menertibkan penggunaan listrik liar atau di luar aturan demi keamanan dan keselamatan bersama,” ujar dia.

Baca Juga: Edy Kurniadi Tekankan Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan Narkoba ke Jajaran...

Lebih jauh, Dian mengimbau kepada seluruh jajaran pengamanan untuk meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban sesuai perintah Dirjen Pemasyarakatan.

“Harus peka dan jeli terhadap segala kondisi, memantau setiap perkembangan ancaman keamanan dan ketertiban. Sebagai Petugas Pemasyarakatan harus kembangkan potensi intelegen keamanan dengan mengasah insting di setiap pelaksanaan tugas. Aktif melakukan kontrol dan selalu waspada jangan-jangan,” pesannya.

Antisipasi lainnya juga dilakukan melalui koordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar. 

Baca Juga: Edy Kurniadi Tekankan Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan Narkoba ke Jajaran...

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas I Makassar, Sulistyadi berencana melakukan pelatihan atau simulasi penanggulangan kebakaran bagi seluruh pegawai termasuk penghuni rutan sendiri.

“Tadi sudah berkunjung ke Dinas Damkar Makassar. Alhamdulillah disambut antusias dan sesuai kesepakatan Sabtu pekan ini akan diselenggarakan pelatihan. Semua ini adalah ikhtiar, berharap Rutan Makassar selalu aman dan kondusif,” tuturnya.

Bagikan