Beredar Foto Anies Baswedan Terbaring di Peti Mati, Ini Faktanya

Gubernur DKI Anies Baswedan. (Foto: Tempo)

Terkini.id, Jakarta – Beredar sebuah foto yang memperlihatkan seorang pria terbaring di dalam peti mati. Dalam narasi foto itu, disebutkan pria tersebut adalah Gubernur DKI Anies Baswedan.

Foto itu diunggah oleh seorang pengguna Facebook dengan nama akun Nani Meilani dan kemudian dibagikan oleh sejumlah netizen, salah satunya akun JA Setiawan Girsang.

“INI FOTO REAL APA FAKE SIH ?… KALO FAKE, ISENG BENER YG NGEDIT… KALO REAL…KNP GAK LANGSUNG DITUTUP TUH PETI?…DOUBLE PAKU,…PERMANEN…!!!” tulis Nani Meilani sambil melampirkan foto itu.

Namun, berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Medcom seperti dikutip dari situs Turnbackhoax, Rabu 23 September 2020, klaim adanya foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah berbaring di dalam sebuah peti mati adalah klaim yang salah atau hoaks.

Unggahan akun Nani Meilani terkait foto Anies Baswedan terbaring di peti mati. (Foto: Turnbackhoax.id)

Faktanya, foto itu adalah foto hasil editan atau suntingan. Foto aslinya adalah seorang pelanggar PSSB dihukum masuk ke dalam peti mati di Kawasan Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis, 3 September 2020.

Menarik untuk Anda:

Foto identik juga ditemukan dalam artikel berjudul “Satpol PP DKI Hentikan Sanksi Masuk Peti Mati untuk Pelanggar PSBB”. Artikel itu dimuat di situs Liputan6com pada 4 September 2020.

Berdasarkan foto aslinya, pria yang terbaring dalam peti mati itu adalah pelanggar PSSB yang dihukum masuk ke dalam peti mati di Kawasan Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis, 3 September 2020.

Pria itu merupakan warga Kelurahan Pasar Rebo yang tidak menggunakan masker. Ia pun diberikan pilihan hukuman, salah satunya dimasukkan ke dalam peti mati selama 1 menit.

Pemprov DKI Jakarta menyatakan, pemberian sanksi masuk peti mati untuk pelanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak akan dilanjutkan.

Kepala Satpol PP Jakarta, Arifin menyatakan sudah meminta pihak terkait di Pasar Rebo Jakarta Timur menghentikan kegiatan tersebut.

Arifin memastikan, masuknya pelanggar protokol ke peti mati bukan salah satu sanksi dari Satpol PP. Ia menyebut sanksi sudah jelas hanya terdiri dua jenis yakni sanksi kerja sosial dan denda.

Foto Anies Baswedan terbaring di peti mati adalah foto editan. (Foto: Turnbackhoax.id)

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa foto yang menyebut Gubernur DKI Anies Baswedan terbaring di peti mati adalah foto editan alias hoaks.

Postingan itu masuk dalam kategori Manipulated Content atau konten yang telah dimanipulasi untuk mengecoh publik.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Gaspool, KPK Kini Tangkap Wali Kota di Jawa Barat

Din Syamsuddin, Bachtiar Nasir hingga Tengku Zul Terdepak dari Kepengurusan MUI yang Baru

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar