Beredar Foto Jokowi dan Prabowo Berbincang di Kediaman Habib Rizieq, Ini Faktanya

Jokowi
Postingan foto pengguna Facebook Alih Alih soal Jokowi dan Prabowo berbincang di depan kediaman Habib Rizieq. (Medcom.id)

Terkini.id, Jakarta – Beredar sebuah foto yang memperlihatkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto disebut sedang berbincang di depan kediaman Imam Besar FPI Habib Rizieq di Kota Makkah, Arab Saudi.

Foto tersebut diunggah pengguna Facebook Alih Alih pada 28 Oktober 2020. Dalam foto itu, tampak Jokowi dan Prabowo berbincang di depan sebuah bangunan bertuliskan “Over Kontrak Kan di Arab” dan terpasang bendera Tauhid.

Namun berdasarkan penelusuran fakta, dilansir dari Medcom.id, Jumat 30 Oktober 2020, foto Jokowi dan Prabowo yang diklaim sedang berbincang di depan kediaman Habib Rizieq di Kota Mekkah adalah klaim yang salah atau hoaks.

Faktanya, foto tersebut merupakan hasil editan dari foto asli saat Jokowi dan Prabowo meninjau lumbung pangan di Kalimantan Tengah.

Dilanasir dari Tribunnnews.com, Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam foto itu mengadakan perjalanan dinas bersama pada Kamis, 9 Juli 2020.

Menarik untuk Anda:

Dalam agenda tersebut, Jokowi dan Prabowo meninjau sejumlah lokasi lumbung pangan baru di Kalimantan Tengah.

Keduanya pun sama-sama memposting perjalanan mereka di akun instagramnya masing-masing. 

Adapun bangunan yang terdapat bendera tauhid di depan rumah Habib Rizieq terdapat dalam artikel berjudul “Viral Penampakan Bendera yang Diduga Dipasang di Kediaman Habib Rizieq”. Artikel itu dimuat dalam di situs Detik.com pada 8 November 2020.

Dalam isi artikel itu disebutkan Habib Rizieq Shihab diperiksa polisi dan intelijen Arab Saudi karena bendera di depan kediamannya di Kota Makkah yang dianggap warga setempat mirip dengan bendera ISIS. Penampakan bendera itu juga viral di media sosial.

Foto bendera dengan keterangan yang menyatakan bendera itu ditempel di rumah Habib Rizieq di Saudi jadi viral sejak Selasa, 6 Agustus 2018.

Foto itu dibagikan di media sosial dengan keterangan bahwa bendera itu merupakan bendera yang ada di rumah Habib Rizieq.

Kementerian Luar Negeri dan Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel memberikan penjelasan mengenai peristiwa penangkapan, pemeriksaan, dan penahanan Habib Rizieq.

Kemenlu RI menyatakan Habib Rizieq ditangkap pada Senin, 5 November 2018 dan dilepas sehari kemudian karena bendera yang terpasang di rumahnya.

Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan, foto dengan klaim Jokowi dan Prabowo berbincang di depan kediaman Habib Rizieq di Kota Mekkah adalah salah atau hoaks.

Faktanya, foto tersebut hasil suntingan yang mencomot saat Jokowi dan Prabowo meninjau lumbung pangan di Kalimantan Tengah.

Foto editan tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis Satire atau konten gambar yang sengaja dibuat untuk menyindir pihak tertentu.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Bila Rekomendasi KASN Tak Ditindaklanjuti, Sanksi dari Presiden Menanti Pj Wali Kota Rudy

Kapolda Metro JakartaTegaskan Akan Kejar Pelantun Adzan Hayya Alal Jihad Sampai ke Lubang Tikus

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar