Beredar Kabar KPU Berbohong Soal Kemenangan Jokowi di Pilpres, Ini Faktanya

Jokowi
Unggahan Facebook Dadang Prawiranata soal pemenang Pilpres bukan Jokowi. (Foto: Facebook)

Terkini.id, Jakarta – Sebuah tangkapan layar pemberitaan yang menyebutkan tentang Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini beredar di media sosial.

Dari tangkapan layar pemberitaan itu, disebutkan bahwa narasumber di artikel tersebut yakni Kepala Staf Kepresidenan atau KSP Moeldoko.

Screen shoot pemberitaan itu diunggah oleh seorang pengguna akun FacebookDhadang Prawiranatapada 11 Januari 2020 lalu.

“Moeldoko: Kekalahan Telak Jokowi karena Isu Agama Tak Terbendung,” demikian judul pemberitaan seperti terlihat di unggahan Dhadang Prawiranata.

Di narasi unggahannya, Dadang menyebutkan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah berbohong karena pemenang Pilpres adalah Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bukan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“CLEAR..!!PEMENANG PILPRES adalah PRABOWO-SANDY. Tapi, yang diumumkan KPU adalah JOKOWI-MA’RUF… #KPU_JUALBELISUARA,” tulis Dadang.

Unggahan Dadang tersebut telah dibagikan lebih dari 200 kali oleh pengguna Facebook dan dikomentari sebanyak puluhan netizen.

Namun, berdasarkan penelusuran fakta seperti dilansir dari Liputan6, Kamis, 16 Januari 2020, judul pemberitaan yang diunggah oleh Dadang merupakan hasil editan. Hal itu terlihat dari foto Moeldoko yang sama dengan yang ada di tangkapan layar.

Judul asli pemberitaan tersebut yakni “Moeldoko: Kekalahan 01 di Aceh, Jabar karena Isu Agama Tak Terbendung” dan bukan “Moeldoko: Kekalahan Telak Jokowi karena Isu Agama Tak Terbendung” seperti yang diunggah Dadang.

Artikel asli dalam pemberitaan itu ditulis oleh portal news Viva.co.id pada Kamis, 18 April 2019, lalu.

Berikut isi naskah asli dari pemberitaan tersebut:

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf yang juga Kepala Staf Presiden, Jenderal (Purn) Moeldoko mengakui kekalahan pasangan 01 itu di sejumlah daerah.

Berdasarkan hasil hitung cepat, daerah-daerah seperti Aceh, Sumatera Barat, Jawa Barat hingga NTB, Jokowi-Ma’ruf mendapat sedikit suara dibanding Prabowo-Sandi yang bisa menang hingga di atas 70 persen.

“Ya kalau kita lihat dari daerah yang kering, itu relatif basisnya Islam, muslimnya kuat. Aceh, Sumbar, Riau, Jabar, terus juga NTB. Kenapa begitu terpengaruh? Karena hembusan isu yang dari awal sudah diwaspadai itu, itu memang luar biasa kuat. Waduh semburannya luar biasa,” jelas Moeldoko, di kantornya, Bina Graha Jakarta, Kamis 18 April 2019.

Isu agama yang kerap dialamatkan ke Jokowi, seperti kalau terpilih maka azan akan dilarang. LGBT juga diisukan akan dilegalkan, hingga pernikahan sesama jenis. Di mana semua itu jelas-jelas hoaks atau tidak benar. Sebelumnya Jokowi juga dihantam isu sebagai kader PKI.

Selama kampanye di daerah-daerah, Jokowi selalu mengangkat isu itu. Ia mengklarifikasi soal kabar bohong. Dimana dalam survei internal, menurut Jokowi yang percaya isu hoaks itu mencapai sekitar 9 juta orang.

Moeldoko mengatakan, ia diberi tahu oleh orang-orang Aceh. Bahwa kalau isu agama, maka selesai sudah. Maka di hitung cepat itu, bahkan Prabowo mampu menang hingga 80 persen lebih.

Dihantam isu agama itu, Moeldoko mengakui keberadaan tokoh-tokoh agama yang ada di kubu Jokowi seperti Ustad Yusuf Mansur dan M.Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang, belum mampu meredam isu seperti itu.

“Masih belum bisa mengubah situasi. karena ya, apa ya, menyentuh emosi, ya. Tapi mudah-mudahanlah nanti, kita sudah tidak lagi bicara di arah itu semuanya sudah fokus pada upaya membangun negara,” ucap mantan Panglima TNI itu.

Berdasarkan fakta tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa unggahan tangkapan layar akun Facebook bernama Dhadang Prawiranata tidak benar alias hoaks lantaran judul berita yang diunggahnya fiktif dan sudah diedit.

Komentar

Rekomendasi

Dilamar dengan Mahar 12,5 Hektar Lahan Nikel, Berapa Uang Panaik Anak Bupati Jeneponto?

Pria Gondrong yang Ngamuk di Sekolah Sambil Sebut Nama Menhan ‘Disidang’ Relawan Prabowo

Sinergi bersama Telkom Group, Telkomsel Dukung Gerakan #IndonesiaButuhAnakMuda

Bawa-bawa Nama Prabowo, Pria Ini Ngamuk di Sekolah karena Tak Dikasi Duit

Istimewanya HUT ke-60 Barru: Menteri, Gubernur, Pangdam, Kapolda hingga Ketua DPRD Hadir

Usia 63 Tahun, Astra Terus Kobarkan Semangat Kurangi Plastik

Lamaran Mewah Anak Pejabat, Mahar Kawinnya Fantastis

Prodia Buka Pemeriksaan Gratis untuk Millenial

Anggota DPR RI ini Lamar Kekasihnya dengan Mahar 12,5 Hektar Penuh Nikel dan Puluhan Ternak

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar