Beredar Kabar Menhan Prabowo Akan Tertibkan Seragam Banser yang Mirip TNI, Ini Faktanya

Prabowo
Menhan Prabowo Subianto dan Panglima TNI. (Foto: iNews)

Terkini.id, Jakarta – Publik Tanah Air beberapa waktu lalu dihebohkan dengan sebuah narasi yang menyebutkan bahwa Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Panglima TNI akan menertibkan atribut seragam Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang mirip seragam TNI.

Narasi tersebut diunggah oleh akun Facebook Khaysha Zasqiya Ramadhani pada Oktober 2019, lalu.

Dalam unggahannya, akun tersebut mengambil foto Prabowo bersama dengan Panglima TNI Hadi Tjahjanto. Namun, gambar tersebut ternyata merupakan tangkapan layar sebuah artikel yang diterbitkan portal media iNews.

“Menhan Prabowo dan Panglima akan menertibkan ormas yang berpakaian mirip uniform TNI sesuai Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2017 Pasal 59,” tulis akun Khaysha Zasqiya Ramadhani di unggahan Facebooknya.

“Banserr cepaat cari seragam batik, lorengmu akan disita,” sambungnya.

Dilansir dari Tempo, Jumat, 8 November 2019, usut punya usut ternyata foto tersebut merupakan comotan dari artikel iNews yang berjudul “Menhan Prabowo dan Panglima TNI Bertekad Wujudkan Postur Pertahanan Negara Andal” yang terbit pada 31 Oktober 2019, lalu.

Foto itu bersumber dari Puspen TNI yang diambil ketika Prabowo dan Hadi bertemu di Mabes TNI pada 30 Oktober 2019.

Adapun berita dalam artikel tersebut yakni berisi tentang komitmen TNI dan Kementerian Pertahanan untuk mewujudkan postur pertahanan negara yang andal untuk menghadapi berbagai ancaman dan tantangan masa depan bangsa.

Dengan demikian, foto yang diunggah oleh akun Khaysha Zasqiya adalah hasil editan dari foto yang dimuat iNews. Dan judul dalam unggahannya tersebut juga berbeda dengan judul aslinya.

Berita Terkait