Heboh Kabar Jokowi Ancam Copot Prabowo dari Menhan, Ini Faktanya

Prabowo
Menhan Prabowo dan Presiden Jokowi. (Foto: Detikcom)

Terkini.id, Jakarta – Belum lama ini publik dihebohkan dengan kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mencopot Prabowo dari jabatan Menteri Pertahanan (Menhan).

Isu tersebut dihembuskan oleh kanal YouTube Pojok Dunia lewat unggahan videonya berjudul “Jokowi Ancam Pecat Prabowo, Ini Alasannya”.

Video tersebut diupload sejak 23 November 2019 dan telah disaksikan oleh lebih dari 60 ribu pengguna YouTube.

YouTube Pojok Dunia juga menampilkan thumbnail yang bertuliskan “Jokowi Kalah Pamor, Prabowo Terancam Dicopot”.

Selain dari YouTube, isu itu juga diposting oleh akun Facebook (FB) bernama Rana O’neil yang membagikan tangkapan layar di sebuah grup Facebook bernama Manusia Merdeka.

Di unggahannya, akun Rana O’neil menuliskan narasi “Waduh, Kalah Saing Bikin Sakit Hati, Jokowi Akan Copot Prabowo??”.

Dari hasil penelusuran yang dilakukan salah seorang relawan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Bentang Febrylian, ditemukan fakta bahwa narasi video yang diunggah oleh kanal Pojok Dunia berasal dari artikel milik Tribunnews.

Artikel Tribunnews tersebut berjudul “Jubir Istana Fadjroel Rachman Pastikan Prabowo Subianto Dicopot dari Menhan oleh Jokowi Jika”.

Selain artikel itu, kanal YouTube tersebut juga mengambil artikel dari Tempo berjudul “Prabowo Dorong Pemerintah Ghana Beli Alutsista Buatan Indonesia”.

Dalam artikel Tribunnews tersebut berisi pernyataan Juru Bicara Istana, Fadjroel Rachman mengenai penegasan terhadap Menteri di Kabinet Indonesia Maju yang akan dicopot jika tidak serius dalam bekerja.

Fadjroel dalam artikel itu mengungkapkan bahwa Jokowi tidak akan tebang pilih dalam memberikan sanksi terhadap Menteri yang tidak serius bekerja.

Dari hasil penelusuran fakta yang dilakukan oleh Bentang Febrylian maka dapat dipastikan dalam kedua artikel tersebut tidak sama sekali menyebutkan narasi yang mengatakan Jokowi ancam copot Prabowo karena kalah pamor.

“Jadi, bisa disimpulkan bahwa tidak terdapat narasi yang menyebut secara spesifik mengenai ancaman Jokowi copot Prabowo akibat kalah pamor, seperti halnya unggahan Facebook milik Rana O’neil,” ungkap Bentang dalam ulasan cek faktanya, Rabu, 27 November 2019.

Komentar

Rekomendasi

Belum Cukup Setengah Hari, 38 Orang Dimakamkan karena Corona di DKI Jakarta

Pemprov Sulsel Kaji Dampak Korona di Industri Pariwisata dan Ekraf

Bupati Morowali Utara Meninggal di Makassar, Sempat Dites Covid-19

Bupati Morowali Utara Meninggal Dunia di RSUP Wahidin Makassar

Polisi Tangkap Warga yang Menolak Pemakaman Jenazah Pasien Terduga Corona

Viral, Driver Ojol Ini Lindungi Makanan Pesanan Pelanggan dari Semprotan Disinfektan

Hendak Kabur, Pasien Positif Corona Ini Pukul dan Gigit Perawat

Beredar Kabar 6 Penumpang Kapal dari Sulawesi Positif Corona, Ini Faktanya

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar