Beredar Video: China Minta Kalimantan Sebagai Jaminan Hutang, Ini Faktanya

Terkini.id, Jakarta – Sebuah video yang mengabarkan bahwa Pemerintah China akan mendatangi Indonesia untuk meminta Pulau Kalimantan sebagai jaminan hutang RI, beredar di media sosial.

Video yang mengklaim China meminta Pulau Kalimantan sebagai jaminan hutang tersebut diunggah kanal Youtube Titik Tumpu, seperti dilihat pada Jumat 16 Juli 2021.

Pada narasi judul video itu, tertulis klaim bahwa Presiden Jokowi akan mengundurkan diri dan Pulau Kalimantan terancam diambil Pemerintah China sebagai jaminan hutang.

Baca Juga: Refly Harun Sebut China Mayoritas Tak Beragama, FH: Dia Seperti...

“BERITA TERKINI – JKW MENGUNDURKAN DIRI, PULAU KALIMANTAN TERANCAM SEBAGAI JAMINAN UTANG KE CHINA?,” demikian judul video tersebut.

Sementara dalam thumbail video itu, terlihat sejumlah kumpulan foto Presiden Jokowi bersama Presiden China Xi Jinping.

Baca Juga: Singgung China, Refly Harun: Hati-Hati Mereka Mayoritas Tak Beragama

Narasi thumbnail video itu menyebut bahwa Jokowi akan lari dari hutang China dengan cara memundurkan diri sebagai presiden RI.

“PENGUNDURAN DIRI PRESIDEN LARI DARI UTANG??,” tulis narasi Thumbnail video itu.

Selain itu, thumbnail tersebut juga mengabarkan bahwa China akan datang ke Indonesia untuk meminta Pulau Kalimantan sebagai jaminan hutang Pemerintah RI.

Baca Juga: Singgung China, Refly Harun: Hati-Hati Mereka Mayoritas Tak Beragama

CHINA RENCANAKAN DATANG KE INDONESIA MINTA PULAU KALIMANTAN SEBAGAI JAMINAN,” tulisnya.

Mengutip Pikiran-rakyat.com, berdasarkan hasil penelusuran klaim dalam video tersebut yang menyebut bahwa China akan datang ke Indonesia untuk meminta Pulau Kalimantan sebagai jaminan hutang RI adalah kabar tidak benar atau hoaks.

Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid terkait klaim yang disebutkan dalam video yang diunggah kanal Youtube Titik Tumpu itu. Selain itu, di dalam video berdurasi 11 menit 47 detik tersebut juga tidak mengandung informasi terkait klaim itu.

Bagikan