Masuk

Berikut 5 Fakta Negara Curacao, Calon Lawan Ujicoba Timnas Sepakbola Indonesia

Komentar
DPRD Kota Makassar

Terkini.id, Jakarta- Belakangan ini Curacao menjadi sorotan, hal ini lantaran Timnas Sepakbolanya akan melakukan ujicoba dengan Timnas Indonesia pada tanggal 24 dan 27 September 2022.

Nama Curacao mungkin terasa asing bagi masyarakat Indonesia, namun jika ditinjau prestasi sepakbola, ternyata Timnas Indonesia jauh tertinggal. Curacao saat ini menempati peringkat 84 FIFA sementara Indonesia berada di rangking 155 FIFA.

Namun, terlepas dari pertandingan ujicoba yang akan dilaksanakan pekan depan, berikut ini beberapa fakta menarik seputar negara Curacao.

Baca Juga: Arab Saudi Kalah Dari Polandia, Denny Siregar: Mirip Timnas Indonesia

1. Jumlah penduduk hanya ratusan ribu

Curacao merupakan pulau yang terletak di Laut Karibia, wilayah ini termasuk dalam Kerajaan Belanda. Namun secara fisiografis juga bagian Amerika Selatan. Negara Curacao pada tahun 2022 memiliki jumlah penduduk sebanyak 149.800 jiwa.

2. Memiliki tiga bahasa resmi

Baca Juga: Mantan Pemain Sepakbola Bambang Pamungkas Bakal Jadi Komentator Piala Dunia 2022

Secara historis, Curacao juga merupakan daerah yang di invasi bangsa eropa seperti Spanyol, Inggris dan Belanda, hal itulah melatarbelakangi negara tersebut  menggunakan tiga bahasa resmi yakni bahasa Belanda, bahasa Inggris, dan bahasa Papiamentu.

3. Penduduk asli Curacao

Curacao terletak sekitar 37 mil di utara Venezuela, Mayoritas penduduk asli negara yang ibukotanya Willemstad tersebut berasal dari Amerika Selatan yakni suku Arawak.

4. Bagian dari Kerajaan Belanda

Baca Juga: Prancis U-20 Masih Terlalu Kuat Bagi Timnas! Indonesia U-20 Kalah Telak 6-0

Curcao merupakan negara yang berada di kepulauan Karibia, meski jaraknya jauh dari Eropa, negara ini merupakan bagian dari Kerajaan Belanda.

5. Sistem Pemerintahan

Kepala negara Curacao adalah Raja Belanda, sementara kepala pemerintahan yakni perdana Menteri yang bertugas membentuk kebijakan pemerintahan. Curaçao independen dalam mengatur urusan internal negaranya, tetapi pemerintah Belanda bertanggung jawab atas hubungan eksternal seperti pertahanan dan hubungan luar negeri.