Besok, Mahasiswa Bima Makassar Akan Gelar Aksi Memperingati Hari Bima Berdarah

Terkini.id, Makassar – Mahasiswa Bima-Dompu Makassar yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Bima-Dompu Makassar Menggugat akan menggelar aksi memperingati hari bima berdarah yang akan berlangsung besok pagi, Selasa, 24 Desember 2019.

Peringatan hari Bima berdarah merupakan momentum memperingati perjuangan rakyat Bima dalam menolak masuknya tambang di tanah Bima pada 24 Desember 2011 silam, yang sempat menewaskan beberapa masyarakat sipil.

Sahrul, selaku Jendral Lapangan mengatakan aksi yang direncanakan bukan saja menuntut pemerintah daerah (Pemda) Bima untuk memperhatikan kasus-kasus pelanggaran Hak Akasi Manusia (HAM), melainkan juga meminta Pemda untuk semakin memperhatikan kemakmuran rakyat.

Baca Juga: Tolak Yaqut Injak NTB, Kelompok Warga: Kami Khawatir Dia Dilontar...

“Aksi yang kami rencanakan ini tidak lain merupakan upaya kami mahasiswa Bima Makassar untuk bagaimana membangunkan pemerintah untuk melaksanakan tanggung jawabnya sebagai pelayan rakyat,” tuturnya.

Pria yang juga sedang menjabat sebagai Presiden Forum Mahasiswa Lambu (Formal) Makassar ini menegaskan bahwa mereka menolak keras masuknya tambang di tanah Bima. Menurutnya, ketika tambang masuk diwilayah Bima dampaknya akan sangat berbahaya, apalagi untuk masyarakat Bima yang kebanyakan berprofesi sebagai petani.

Baca Juga: Ini Hasil Tinjauan Jokowi Terkait Homestay dan Infrastruktur untuk MotoGP...

“Saya dan kawan-kawan mahasiswa Bima Makassar hampir semuanya lahir dari rahim petani, oleh karena itu kami menolak keras masuknya tambang diwilayah Bima,” katanya.

Dikabarkan, aksi ini dimulai pada pukul 10 pagi, dan akan dimeriahkan dengan parodi tetrikal dan long march sambil berorasi di sepanjang jalan, yang di mulai dari Multimedia depan kampus Unismuh Makassar, sampai di ujung Jalan Pettarani Makassar.

Bagikan