Besok, Warga Perantau KKB di Nunukan Akan Tampilkan Ganrang Tunrung Jong

Warga Perantau Bulukumba di Nunukan Akan Tampilkan Ganrang Tunrung Jong

Terkini.id,NunukanDalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-20 Kabupaten Nunukan Propinsi Kalimantan Utara sejumlah rangkaian acara turut digelar panitia pelaksana untuk masyarakat Nunukan, tanpa terkecuali masyarakat perantauan di Nunukan.

Warga Perantau Bulukumba di Nunukan ikut memeriahkan HUT ke-20 Kabupaten Nunukan

Salah satu masyarakat perantauan di Kabupaten Nunukan akan menyuguhkan persembahan untuk HUT Nunukan adalah Kerukunan Keluarga Bulukumba (KKB) Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Adapun yang ditampilkan adalah Ganrang Tunrung Jong asal Kajang Bulukumba Sulawesi Selatan.

Sebelum menampilkan Ganrang Tunrung Jong, masyarakat  Bulukumba di Nunukan sudah menampilkan pakaian adat Kajang berupa pakaian serba hitam lengkap dengan sarung hitam dan passapunya.

Warga Perantau Bulukumba di Nunukan ikut memeriahkan HUT ke-20 Kabupaten Nunukan

Ketua Bidang Seni dan Budaya Kerukunan Keluarga Bulukumba Kabupaten Nunukan, Supratman kepada terkini.id mengatakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kabupaten Nunukan, masyarakat di perantauan tidak ingin ketinggalan untuk menampilkan kebudayaan asal.

“Ini bagian dari rangkaian kegiatan yang sudah diagendakan oleh panitia kabupaten untuk HUT Kabupaten Nunukan. Seluruh masyarakat ataupun suku yang di rantau Pulau Kalimantan menampilkan kebudayaan masing-masing,” ujarnya.

Warga Perantau Bulukumba di Nunukan ikut memeriahkan HUT ke-20 Kabupaten Nunukan

Ia juga menambahkan, saat ini masyarakat yang tergabung di Kerukunan Keluarga Bulukumba (KKB) Kabupaten Nunukan sedang latihan Ganrang Tunrung Jong untuk persiapan penampilan, Rabu, 16 Oktober 2019 besok. Pakaian adat Kajang sudah ditampilkan saat puncak peringatan HUT ke-20 Kabupaten Nunukan 12 Oktober 2019 lalu.

“Harapannya semoga budaya dan suku Bulukumba khususnya pakaian adat Kajang bisa menggema di wilayah pulau Borneo khusus Kabupaten Nunukan,” sambungnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Makassar

KPU Luncurkan Pilwali, Maskot dan Jingle

Terkini.id -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar meluncurkan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar 2020, di Pasar Segar, Jalan Pengayoman, Jumat 8 November