Bidang Kemahasiswaan FT Unhas Gelar Pengabdian Masyarakat di Takalar

Terkini.id, Takalar – Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin sukses mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertema Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing Produk Lokal Berbasis Information Technology” di Desa Kunjung Mae, Desa Bontolona, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini berlangsung 1-24 Juni 2022 yang diawali dengan survei penentuan lokasi hingga evaluasi pelaksanaan kegiatan.

Bina desa yang diikuti dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Unhas ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan nilai jual produk hasil pertanian berupa beras dan sayur mayur, mulai dari pengemasan hingga pemasaran berbasis teknologi informasi.

Baca Juga: Edukasi Generasi Muda, DMC IKATEK Unhas Gelar Program Generasi Tanggap...

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Dr. Ir. Rustan Tarakka, ST., MT. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Fakultas Teknik Unhas.

Dalam sambutannya, Rustan Tarakka menyampaikan bahwa kegiatan bertujuan sebagai wadah bagi dosen dan mahasiswa untuk menerapkan disiplin ilmu dalam kehidupan sehari-hari sekaligus mengembangkan produk lokal melalui IT dan pemberdayaan UMKM yang memanfaatkan industri 4.0 dan siap menyongsong industri 5.0.

Baca Juga: FT Unhas Sosialisasi Peningkatan Daya Saing Produk Berbasis Information Technology

Pada kegiatan tersebut juga diundang pemateri dari kalangan praktisi, Muhammad Arqam MD yang juga pemenang Wisausaha Muda Kementerian Koperasi 2012.

Arqam membagi pengalamannya dalam meningkatkan inovasi produk serta perluasan area pemasaran. Hal ini perlu dilakukan untuk menambah nilai jual UMKM itu sendiri, utamanya agar dapat bersaing dengan produk-produk lainnya yang kian membanjiri sentra industri di Indonesia.

Pada kesempatan ini Arqam yang juga Direktur Support System Gercepta (Gerak Cepat Takalar) mensosialisasi start up local tersebut yang bertujuan untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat desa.

Baca Juga: FT Unhas Sosialisasi Peningkatan Daya Saing Produk Berbasis Information Technology

Gercepta mampu membantu masyarakat Dese Kunjung Mae dalam melakukan pendampingan, scale up, digitalisasi produk dan pemasaran produk UMKM hingga tembus pasar modern.

“Gercepta diharapkan mampu menjadi mitra Fakultas Teknik Unhas yang dapat terus mendampingi masyarakat Desa Kunjung Mae guna menjamin keberlanjutan program tersebut,” tambah Dr. Fakhruddin yang juga ketua panitia kegiatan tersebut.

Secara terpisah, Dekan Fakultas Teknik Unhas, Prof. Dr. Eng. Ir. Muh. Isran Ramli, ST., MT. sangat menyambut baik kegiatan bina desa tersebut.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk usaha nyata Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin dalam mewujudkan salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian terhadap masyarakat.

Lebih lanjut, kegiatan ini mampu mendukung capaian Indikator Kinerja Utama Fakultas Teknik Unhas dalam hal jumlah dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

Bagikan