Bina Pelaku UMKM, PLUT Sulsel Gelar Program Inkubasi Bisnis

PLUT Sulsel
Bina Pelaku UMKM, PLUT Sulsel Gelar Program Inkubasi Bisnis

Terkini.id, Makassar – Program inkubasi bisnis yang dilaksanakan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulawesi Selatan telah memasuki bulan ketiga.

Program yang bertujuan untuk memperbesar skala usaha (scale up) UMKM binaan ini mengadakan kelas “business check up” pada Rabu, 11 Desember 2019, bertempat di Gedung PLUT Sulsel, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar.

Kegiatan yang diikuti puluhan UMKM ini difasilitasi koordinator konsultan yang juga sebagai Konsultan SDM PLUT Sulsel, Bahrul Ulum Ilham.

Dalam paparannya, Bahrul menyebutkan, seperti juga manusia yang melakukan medical check up untuk mengetahui kondisi kesehatan, bisnis juga perlu ‘diperiksa’ untuk memastikan kesehatannya.

“Business check up sangat penting karena selaku pendamping atau konsultan bisnis akan memeriksa, memberikan feedback, dan memberikan arahan serta bimbingan terkait bisnis UMKM yang didampingi,” katanya.

Menarik untuk Anda:

Business check up berupa serangakain isian yang dijawab secara jujur pelaku UMKM terkait bisnis dan karakter kewirausahaan.

Setidaknya terdapat 8 (delapan) variabel utama yang dievaluasi yaitu aspek kemandirian, aspek inovasi, aspek keberanian mengambil resiko, aspek proaktif menangkap peluang dan pasar, aspek pemasaran, aspek operasional, aspek keuangan dan aspek SDM.

“Dengan melakukan check up bisnis kami dapat mengetahui kondisi kesehatan bisnis, mengidentifikasi permasalahan bisnis dan sumber permasalahannya sebagai acuan melakukan coaching kepada UMKM binaan,” tambahnya.

Kepala seksi inkubator PLUT Sulsel, Muh. Ismail mengatakan, kegiatan inkubator telah berlangsung sejak awal Oktober hingga akhir Desember tahun 2019.

Kegiatan didesain dengan pendekatan out wall atau UMKM mitra binaan berada di tempat usahanya masing-masing dan tetap aktif mengikuti tahap-tahap pembinaan secara terprogram dan berkelanjutan di PLUT.

”Program inkubator bisnis sebagai peran nyata PLUT dalam membina pelaku UMKM sehingga menjadi wirausaha yang tangguh atau memiliki bisnis yang berdaya saing,” ujar Ismail.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Turunkan Ekskavator Amphibi, Dinas PU Makassar Keruk Area UPTD Pelelangan Ikan Rajawali

Tak Mendukung Dilan di Pilwali Makassar, PDIP: Silahkan Mundur

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar