BNI Beri Pendampingan UMKM Agar Siap Masuki Pasar Global

Terkini.id, Makassar – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Wilayah 07 (Sulsel-Sulbar-Sultra-Maluku) kembali membuktikan komitmennya untuk meningkatkan Ekspor melalui BNI Xpora yang merupakan One Stop Solution bagi UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya hingga ke taraf internasional. 

Sejalan dengan hal tersebut, BNI Kantor Wilayah 07 Makassar  menggandeng Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementrian Perdagangan untuk memberikan pelatihan berupa strategi dan tata cara untuk masuk ke pasar global kepada pelaku UMKM yang ada di Kota Makassar, Kamis, 25 November 2021.

Kegiatan pelatihan tersebut, dibuka dan juga dihadiri Pemimpin BNI Wilayah 07, Hadi Santoso, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana, Kepala Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan, H. Ashari Fakhsirie Radjamilo serta beberapa perwakilan pegawai BNI lainnya. 

Baca Juga: Resmi Stock Split, Hari Ini 13 Oktober Saham BCA Hanya...

Pemimpin BNI Wilayah 07 Hadi Santoso melalui sambutannya menuturkan bahwa  pelatihan ini adalah salah satu bentuk kegiatan dari BNI Xpora kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan kapabilitasnya dengan melakukan pendampingan dan memberikan solusi keuangan bagi pelaku UMKM. 

“Pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari dan kami berharap dengan adanya pelatihan ini dapat menjadikan UMKM yang ada di Kota Makassar menjadi UMKM yang Go Global, Go Productif dan Go Digital,”bebernya.
 
Sedangkan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Causa Iman Karana menyampaikan bahwa saat ini peluang ekspor sangat besar untuk tujuan negara seperti jepang, korea selatan dan timur tengah serta negara-negara lainnya. 

Baca Juga: Soal Pasar Modal Indonesia Kuartal Ketiga 2021, Jokowi: Waspada Kondisi...

“Perbankan agar terus berupaya mendorong UMKM untuk masuk ke pasar global dengan melakukan pendampingan, seperti halnya yang dilakukan oleh BNI Xpora yang sangat membantu pelaku usaha UMKM untuk meningkatkan kapasitasnya dalam pengolahan dan pembiayaan usaha agar produk-produk lokal dapat menembus pasar global yang terbuka sangat luas,”urainya.

Sementara itu, H. Ashari Fakhsirie Radjamilo selaku Kepala Dinas Perdagangan Sulawesi Selatan menyampaikan bahwa pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan kualitas komoditi yg akan diekspor, sejalan dengan terbukanya pasar global yang akan menerima komoditi dari Indonesia.

1 2
Selanjutnya
Bagikan