Brimob Makassar Latihan Menjinakkan Bom, Amankan Pilkada Serentak 2020

Bom Granat/ Istimewa

Terkini.id, Makassar – Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis memimpin upacara pembukaan latihan kemampuan Gegana Brimob Polda Sulsel, Senin 10 Agustus 2020.

Dalam rangka latihan pengamanan Pilkada serentak Tahun 2020 di Mako Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Jalan Sultan Alauddin, Pabaeng-Baeng, Kota Makassar.

Pelaksanaan upacara pembukaan pelatihan tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Menjaga jarak setiap personel serta menggunakan masker.

Latihan diiukuti personel Gegana, dan Batalyon Pelopor Satbimob Polda Sulsel. Untuk menambah ilmu kepada masing-masing personel sebagai bekal pengetahuan dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Latihan peningkatan kemampuan ini sebagai bentuk profesionalisme Korps Brigade Mobile dalam membina kemampuan para personelnya.

Menarik untuk Anda:

Kemampuan yang dilatihkan dalam kegiatan tersebut meliputi kemampuan Wanteror ( Perlawanan Teror ), Jibom ( Penjinakan Bom ), serta Kemampuan KBR ( Kimia, Biologi, dan Radioaktif ).

Kemampuan tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak kemampuan yang dimiliki Korps Brimob Polri. Khususnya Gegana.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan Danyon A Pelopor AKBP Darminto, Danden Gegana AKBP Sahruna Nasrun, Kasubag Bagops Satbrimob AKP Mursalim, Wadanden Gegana AKP Aziz Bani, Wadanyon A Pelopor AKP Mansur, Kasubden Wanteror AKP Darwis Daud serta Pejabat Utama Satbrimob Polda Sulsel. 

Dalam amanatnya, Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhmmad Anis menyampaikan, latihan peningkatan kemampuan Gegana jajaran Satbrimob Polda Sulsel dalam rangka pengamanan Pilkada serentak tahun 2020.

Bukan sekedar peristiwa menandai awal perjalan panjang dalam menempuh pelatihan, lebih dari itu latihan juga merupakan moment yang menandai telah lahirnya sumber daya manusia yang bermutu.

Anis mengatakan, pelatihan ini diselenggarakan dengan maksud agar setiap permintaan bantuan satuan kewilayahan yang berkaitan dengan perkuatan fungsi Brimob yang berhubungan dengan kemampuan Gegana dapat dengan cepat mendapat respons.

“Quick respon,” ungkap Anis.

Respon cepat Batalyon Brimob senada dengan  motto Brimob yaitu “JIWA RAGAKU DEMI KEMANUSIAN ” serta slogan Brimob yaitu ” BRIMOB UNTUK INDONESIA. Sehingga terwujud Bhakti Brimob Untuk Masyarakat.  

Dansat Brimob juga menambahkan, rangkaian latihan gabungan ini diikuti personel Batalyon A, Batalyon B, dan Batalyon C Pelopor. Berjumlah 64 personel, selain meningkatkan kemampuan perorangan juga merupakan wujud kesiapsiagaan personel dan kesatuan dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto mengatakan, dengan terlaksananya latihan ini diharapkan para personel dapat menerapkan dalam pelaksanaan tugas yang akan dihadapi.

Sebagai wujud Bakti Brimob untuk masyarakat. Serta menjadi Brimob yang profesional dan siap menghadapi tantangan tugas kedepan yang semakin berat.

“Mmengingat tahun 2020 merupakan pesta demokrasi Pilkada serentak di wilayah hukum Polda Sulsel,” kata Darminto.

Dia mengatakan, keberhasilan pelaksanaan latihan ini akan berimbas pada suksesnya tahapan demi tahapan yang dilakukan dalam pelaksanaan tugas saat Pilkada 2020 mendatang.

Serta selalu mengedepankan sisi humanis personel Polri. Sehingga terwujud bhakti Brimob untuk masyarakat.

Kepada seluruh personel Batalyon A Pelopor yang mengikuti pelatihan tersebut, Darminto berpesan agar melaksanakan pelatihan ini dengan penuh semangat. Menjaga kesehatan dan kekompakan.

“Mengingat pelatihan ini akan dilaksanakan selama 6 hari,” katanya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Danny Sambangi Kediaman Pimpinan Tarekat Khalwatiyah Syekh Yusuf Al-Makassary

Anir-Lutfi Siapkan Tunjangan Guru Honor hingga Rp10 Juta

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar