Bubarkan Jemaahnya yang Membeludak dan Berkerumun, Ustaz Das’ad Latif Dapat Apresiasi

Dasad Latif

Terkini.id, Makassar – Ustaz kondang asal Sulawesi Selatan, Das’ad Latif menjadi viral di media sosial lantaran tindakannya yang memilih membatalkan ceramahnya karena jemaah yang membeludak dan berkerumun.

Video Ustaz Das’ad yang membubarkan jemaahnya karena membeludak, mendapat banyak apresiasi para netizen di media sosial.

Apalagi, video itu beredar di tengah ramainya pemberitaan tentang kerumunan massa di acara Maulid dan Pernikahan Habib Rizieq di Petamburan, Jakarta beberapa waktu lalu.

“Luar biasa ketaatanmu ustad. salut denganmu,” tulis Gerald Jangga, salah seorang netizen.

Seperti diketahui, Peristiwa pembubaran tersebut bermula saat Ustaz Das’ad mendapat undangan keluarga untuk berceramah di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, pada Selasa malam 18 November 2020.

Menarik untuk Anda:

Akan tetapi, saat tiba saatnya berceramah, Ustaz Das’ad kaget lantaran jemaah membeludak. Di luar dari perkiraan. Maka, demi mematuhi protokol kesehatan, Ustaz Kondang asal Sulsel ini memilih membatalkan ceramah dan membubarkan jemaah.

Dalam video yang beredar, terlihat Ustaz Das’ad menyempatkan untuk mengajak para jemaah untuk bersalawat lalu diminta untuk pulang ke rumah masing-masing.

“Memang kita mau dengar ceramah, tapi kalau nakennaki wabah ini lebih bahaya,” ujar Ustaz Das’ad kepada para jemaah.

Dia pun mengimbau agar para jemaah untuk tetap memakai masker, dan menjaga jarak. Lalu, dia menuntunt jemaahnya membaca salawat.

“Tetapki pakai masker, jaga jarak. Salatullah salamullah, ala toha Rasulillah, Salatullah Salamullah, Ala yasin Habibillah. Salatullah salamullah,” ucap Ustaz Das’ad.

Dia juga mengingatkan warga untuk tidak bersentuhan. “Jangan ada yang jabat tangan, jangan jabat tangan. Mohon maaf sebesar-besarnya ini, tidak enak, tapi ini untuk kemaslahatan kita semua. Ayo tinggalkan tempat masing-masing, mohon maaf,” ujarnya lagi.

Das’ad Tegur Keluarganya yang Mendatangkan Ribuan Jemaah
Mengutip dari detikcom, Ustaz Das’ad bahkan menegur keluarganya yang mengundangnya ke Kaltim lantaran mendatangkan sekitar 5.000 jemaah.

Dia menceritakan, pada Oktober lalu, dia diundang salah satu keluarganya yang merantau ke Kaltim untuk mengisi tausiyah di acara akikah. 

Estimasi awal, ada 200 jemaah yang datang lantaran acara digelar di rumah.

Namun, di luar dugaan, jemaah yang datang sangat banyak. Acara digelar di Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kaltim, pada Selasa 18 November 2020 malam.

“Innalillah, saya melihat banyak betul manusia. Mungkin ada sekitar 5.000 orang hadir. Saya bilang langsung ke keluarga saya, ini tidak cocok, salah ini,” kata Das’ad.

Das’ad kemudian lantas bertanya kenapa ceramah yang sebelumnya hanya untuk keluarga bisa bocor ke masyarakat. Ternyata kedatangannya memberikan ceramah telah tersebar melalui media sosial. Bahkan ada beberapa jemaah yang berasal dari wilayah Banjar.

“Saya bilang ke seluruh jemaah, ndak boleh lama-lama. Saya sampaikan, siapa yang berselawat dicintai oleh Allah, disayangi oleh Allah. Tapi, kalau kita berselawat sekarang, dengar ceramah, itu bukan dapat pahala, tapi dapat wabah penyakit,” kata Das’ad menirukan kembali perkataannya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Rumah Mahfud MD Dikepung, Massa Teriak: Kalau Orang Madura Jangan Ngumpet

Dengan Vaksin, 3M dan Hidup Sehat Pemerintah Yakin Tuntaskan Pandemi Covid-19

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar