Makassar Terkini
Masuk

Buka FASI V, IDP Ajak Seluruh Pihak Terus Bina Anak-anak Santri

Terkini.id,Lutra – Sebanyak 282 santri TKA, TPA, dan TQA se – Kabupaten Luwu Utara ambil bagian dalam Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) V yang berlangsung selama dua hari, dimulai Selasa hingga Rabu, 5-6 November 2019 di Sekretariat Pramuka.

FASI yang digelar oleh BKPMRI bekerjasama Pemda dan Kemenag Luwu Utara ini dibuka langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

“Kami tentu senang dan selalu mensupport kegiatan semacam ini, apalagi pada dasarnya kita semua adalah santri, terlepas dari pernah mondok atau tidak,” kata Indah.

Mengutip salah satu kutipan, Indah menuturkan orang yang mengaku dirinya santri, maka dia memposisikan dirinya di dalam masyarakat seperti paku. Fungsinya mempersatukan yang terberai, dan membentuk satu bangunan meski tidak kelihatan.

Pada kesempatan tersebut, Indah juga mengajak semua pihak untuk terus membina anak-anak santri.

“Saya mengajak kita semua untuk membina anak-anak kita, menjaga dan melestarikan tradisi santri sebab ini juga jadi upaya dan doa kita menjaga daerah tetap terlindungi. Kepada anak-anakku pasti Bisa Juara Satu: Bina Santri Jujur, Arif, Ramah, Sabar dan Tulus,” tutur Alumni Pondok Pesanten Datuk Sulaiman Palopo ini.

Sementara itu, Ketua Panitia, Hamzah menyebutkan sejumlah perlombaan dalam ajang tersebut. Hamzah menyebutkan 6 kategori lomba yang bakal diikuti oleh santri perwakilan seluruh kecamatan se – Luwu Utara.

“Tartil Alquran, Adzan dan Iqamah, Nasyid Islami, Cerdas Cermat Alquran, Menggambar, dan Ceramah Agama Islam Bahasa Indonesia dengan lokasi kegiatan ditempat ini juga di Masjid Agung Syuhada. Hasil dari FASI ini akan mewakili Luwu Utara pada FASI XI tingkat Provinsi yang bakal dihelat pada Maret 2020 di Kabupaten Wajo,” terang Hamzah.

Turut hadir Pj. Sekda Tafsil Saleh, Kakan Kemenag Nurul Haq, Pimpinan SKPD, Ketua BKPMRI Amiruddin, Kasi Pidum Kejari Muhith Nur.