Bupati Iksan Iskandar Kukuhkan Duta Cegah Stunting Jeneponto

Terkini.id, Jeneponto – Bupati Jeneponto Iksan Iskandar mengukuhkan TP PKK Jeneponto sebagai Duta Cegah Stunting tingkat Kabupaten Jeneponto. Pengukuhan itu dilaksanakan pada rangkaian kegiatan Orientasi Komunikasi Perubahan Perilaku dan PMBA.

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang Kala’birang rumah jabatan Bupati Jeneponto, Jalan Sirajuddin Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto, Selasa 29 Desember 2020.

Pengukuhan ditandai dengan pemasangan selempang Duta Cegah Stunting tingkat Kabupaten Jeneponto oleh Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar kepada Ketua dan pengurus TP PKK Jeneponto.

“Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas Rahmat dan hidayahnya pada hari ini, Selasa, 29 Desember 2020, saya Bupati Jeneponto dengan ini mengukuhkan TP PKK Jeneponto sebagai Duta Cegah Stunting tingkat Kabupaten Jeneponto,” kata Iksan Iskandar.

Mungkin Anda menyukai ini:

Dia pun yakin TP PKK akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan kepercayaan yang diamanahkan.

Baca Juga: Buka STQH Ke-XXVI, Bupati Jeneponto Pesan Agar Peserta Tunjukkan Kemampuan...

“Saya percaya TP PKK akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai duta cegah Stunting untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pencegahan penanganan Stunting,” jelas Iksan Iskandar.

Lebih lanjut, Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar dalam sambutannya mengatakan, Stunting merupakan gangguan pertumbuhan tinggi badan anak yang tidak sesuai dengan usianya.

“Gangguan tersebut berkaitan dengan asupan gizi dan berbagai faktor lainnya, termasuk perilaku dalam lingkungan pola asuh,” ujarnya.

Baca Juga: Kunker di Jeneponto, Menko PMK RI Dialog Terkait Penanganan Stunting...

Menurutnya, peran duta cegah Stunting meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan Stunting.

“Duta cegah Stunting sabagai salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pencegahan stunting sedini mungkin sehingga diharapkan masyarakat dapat peduli dalam mencegah stanting dan memberikan pemahaman guna meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat,” ungkap Iksan Iskandar.

Iksan Iskandar menyampaikan, tugas pokok duta cegah Stunting.

“Ada 4 tugas pokok duta cegah Stunting, yakni, mendukung upaya percepatan pencegahan penurunan stunting, mendukung pelaksanaan kebijakan daerah, ikut terlibat dalam pelaksanaan kegiatan, dan memberikan dukungan bergengsi bagi integrasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan stunting serta mendorong pemberdayaan masyarakat melalui TP PKK,” tutup Iksan Iskandar

Usai pengukuhan duta cegah Stunting tingkat Kabupaten Jeneponto, Ketua TP PKK Jeneponto Hj Hamsiah Iksan mengukuhkan TP PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan sebagai duta cegah Stunting tingkat kecamatan, desa dan kelurahan.

Bagikan