Bupati Jeneponto Sambut Tim Verifikasi Kabupaten Layak Anak

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, sambut, Tim Verifikasi Kabupaten Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) melakukan penilaian di Kabupaten Jeneponto, Selasa, 26 November 2019

Terkini.id,Jeneponto – Tim Verifikasi Kabupaten Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) melakukan penilaian di Kabupaten Jeneponto, Selasa,26 November 2019.

Tim Surveilance Audit SVA ruang bermain ramah anak tahun 2019 disambut langsung Bupati Jeneponto Iksan Iskandar dan didampingi Bunda PAUD Jeneponto, Hj Hamsiah Iksan, Kadis Lingkungan hidup, Wakapolres Jeneponto dan beberapa pimpinan OPD Pemkab Jeneponto.

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, dalam penyambutannya menyampaikan ucapan selamat datang  kepada Tim Penilai Lomba bersama seluruh rombongan di Bumi Turatea.

“Kami yakin kehadiran Bapak dan Ibu ini, Insya Allah akan semakin membawa kemajuan bagi pembangunan dan pengembangan daya saing daerah ini demi peningkatan kualitas hidup masyarakat Jeneponto, khususnya dalam pengembangan dan pemberdayaan anak di daerah ini,” kata Iksan Iskandar.

Lebih lanjut Iksan Iskandar menyampaikan, kegiatan ini pula menjadi salah satu bentuk kepedulian Pemerintah, khususnya institusi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, terhadap upaya peningkatan jaminan perlindungan keluarga, khususnya bagi anak-anak kita.

“Saya sampaikan kepada Tim Penilai bahwa di daerah kami ini telah terbentuk forum anak sejak awal tahun 2018 sebagai  wadah dalam menghimpun potensi dan sumber daya anak, melalui pembinaan dan pemberdayaan yang lebih terstruktur, terencana, dan dapat dipertanggung jawabkan,” ungkapnya.

Iksan berharap, Kepengurusan yang telah terbentuk tersebut, diharapkan dapat membangun inovasi dan kreatifitas dalam pengembangan kualitas organisasi sekaligus menjadi wadah yang produktif dalam membangun inovasi pemberdayaan dan perlindungan hak-hak bagi anak.

“Sebagai bagian dari upaya membangun kualitas anak tersebut, saat ini kita berada di salah satu taman bermain bagi anak yang bernama Taman Turatea,” ujarnya.

Selain Taman Turatea, Iksan juga menyampaikan keberadaan lapangan Parang Passamaturukang.

“Di Jeneponto juga terdapat juga lapangan Parang Passamaturukang yang selain sebagai alun-alun kota, juga pada sore dan malam hari ada aktifitas wahana bermain bagi anak,”pungkasnya.

Iksan menjelaskan, pentingnya hak-hak anak untuk diberdayakan menjadi sektor penting dalam setiap aktivitas sosial bermasyarakat.

“Anak harus mampu dilindungi haknya dalam keluarga serta terlibat secara  aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam mendapatkan kehidupan yang layak, baik menyangkut pendidikan, kesehatan maupun pembinaan psikologi anak,”imbuhnya.

Iksan pun berharap, kehadiran tim penilai ini, akan semakin menggerakkan upaya pembinaan dan pemberdayaan anak di daerah ini, melalui penanganan isu-isu anak secara holistik dan integratif.

“Patut saya sampaikan pula bahwa selain telah tersedianya taman bermain ramah anak ini, di daerah ini juga telah berdiri berbagai Lembaga Pendidikan dan pembinaan anak, seperti Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang tersebar di seluruh Kecamatan,” tutup Iksan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini