Bupati Kalatiku: TIF Berikan Dampak Positif Bagi Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat

Bupati Torut, Kalatiku Hadir menyaksikan gelaran TIF 2019 di hari kedua

Terkini.id,Rantepao – Toraja International Festival (TIF) 2019 yang menjadi even pariwisata Toraja dan Pemerintah Propinsi sejak 2012 rutin digelar setiap tahun. Dan pada 26 April 2019, event kolaborasi budaya, musik dan kuliner ini resmi masuk kedalam 100 Calender Of Event Pariwisata Indonesia.

Bupati Toraja Utara, Kalatiku mengaku merasa senang, gembira dan bangga menyambut respon masyarakat dari berbagai daerah tidak hanya dari Toraja Utara saja tetapi juga dari beberapa daerah lain, bahkan dari luar negeri.

“TIF ini merupakan agenda tahunan yang dimaksudkan untuk mempromosikan pariwisata Toraja yang dari tahun ke tahun kelihatan meningkat atas pelaksanaan TIF,” ujarnya.

Kalatiku mengatakan bahwa Toraja International Festival ini merupakan agenda unggulan dari Toraja Utara. Sehingga dipastikan kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap pariwisata Toraja khususnya Toraja Utara.

“Kami berharap semoga pengunjung bisa memuaskan para pengunjung sehingga mereka pulang dengan penuh kegembiraan,” terangnya.

Ia juga merekomendasikan 17 destinasi unggulan lainnya yang bisa wisatawan kunjungi. Beberapa diantaranya seperti Kete Kesu, Londa, Kampung Saddang (kampung tenun), Kalimbuang (Menhir) di Bori, rumah adat, negeri di atas awan (Lolai) dan berbagai wisatawan lainnya.

“Ada 17 wisata unggulan yang pengunjung bisa datangi dengan menyuguhkan berbagai eksotis masing-masing. Kami mengajak juga kepada semua pihak untuk ikut andil dalam mempromosika pariwisata,” harapnya.

Sekedar untuk diketahui, gelaran Toraja International Festival (TIF) bakal berakhir pada Minggu, 21 Juli 2019. Sejumlah penampilan spektakuler telah disiapkan untuk menghipnotis pengunjung nanti malam. Jangan sampai ketinggalan untuk menyaksikan kolaborasi merek di atas panggung mewah Toraja International Festival.

Dikabarkan juga bahwa Toraja International Festival bakal ditutup langsung oleh Bupati Toraja Utara nanti malam di Kawasan Kete Kesu. Selain Bupati, bakal hadir sejumlah jajaran dan SKPD untuk menyaksikan pementasan pamungkas persembahan TIF.

Kabid Pemasaran Area II di Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata, Syukurni mewakili Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya dalam sambutannya berharap dengan penyelenggaraan event ini potensi pariwisata di Toraja bisa dikenal oleh masyarakat dunia.

“Toraja sebagai daerah pariwisata punya peran penting dalam meningkatkan kunjungan wisata di Indonesia, karena selain alam dan wilayahnya yang bagus, Toraja punya kekhas-an budaya yang mungkin tidak dimiliki masyarakat daerah lainnya,” tuturnya.

Oleh sebab itu, kata dia,  penyelenggaraan TIF 2019 diharapkan akan mampu menggairahkan kembali wisata yang ada di Toraja khususnya dan pariwisata di Sulawesi Selatan pada umumnya,” ungkap Syukurni menutup sambutannya, Jumat 19 Juli 2019 lalu.

Berita Terkait
Komentar
Terkini