Tampilkan Budaya Nusantara hingga Mancanegara, TIF 2019 Resmi Dibuka

Pembukaan Toraja International Festival 2019

Terkini.id,Rantepao – Toraja International Festival atau akrab disebut TIF, kembali digelar di Kawasan Pariwisata, Kete’ Keseh, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. TIF 2019 secara resmi dibuka pada Jumat 19 Juli 2019 malam yang ditandai dengan pemukulan gendang dan alu (alat tradisional penumbuk padi).

Pemukulan tersebut dilakukan oleh pihak Kementerian Pariwisata, Perwakilan Propinsi Sulawesi Selatan, Bupati Toraja Utara yang diwakili Sekda Toraja Utara, Ketua Yayasan Kete’ Kesu, dan inisiator sekaligus Direktur¬† Toraja International, Franki Raden.

TIF 2019

Event yang sudah ditetapkan sebagai 100 event Kementerian Pariwisata di tahun 2019 ini merupakan event budaya berskala internasional. Berlangsung selama tiga hari, dimulai 19 Hingga 21 Juli 2019.

Direktur Toraja International Festival (TIF) 2019, Franki Raden mengatakan selama tiga hari TIF akan menampilkan kesenian nusantara hingga mancanegara.

“Adapun kesenian Nusantara dan mancanegara itu seperti dari tarian Toraja yakni tarian asal Toraja yakni tarian Pa’Gellu Todol, Sundanese Tarompet Ensemble feats Yoyon Darsono asal Bandung, Jawa Barat, dan Hip Hop Kupang asal Nusa Tenggara Timur,” ujarnya.

Di samping itu, kata Franki ada juga kesenian mancanegara, seperti Violin, Flute & Tabla Trio feats Kamau Abayomi, dan Turiolo Ensemble feats and Rodrigo Pareja and Nevan Suntareja.

Pembukaan TIF 2019

“Jadi di sini benar-benar menampilkan kolaborasi antara kesenian lokal (Nusantara) dan mancanegara (luar negeri),” terangnya.

Acara yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan pemerintah daerah ini juga menyediakan sejumlah boot, baik kuliner, pakaian, suvenir, kopi khas Toraja, dan lainnya

Berita Terkait
Komentar
Terkini