Tampilkan Budaya Nusantara hingga Mancanegara, TIF 2019 Resmi Dibuka

Pembukaan Toraja International Festival 2019

Terkini.id,Rantepao – Toraja International Festival atau akrab disebut TIF, kembali digelar di Kawasan Pariwisata, Kete’ Keseh, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. TIF 2019 secara resmi dibuka pada Jumat 19 Juli 2019 malam yang ditandai dengan pemukulan gendang dan alu (alat tradisional penumbuk padi).

Pemukulan tersebut dilakukan oleh pihak Kementerian Pariwisata, Perwakilan Propinsi Sulawesi Selatan, Bupati Toraja Utara yang diwakili Sekda Toraja Utara, Ketua Yayasan Kete’ Kesu, dan inisiator sekaligus Direktur¬† Toraja International, Franki Raden.

TIF 2019

Event yang sudah ditetapkan sebagai 100 event Kementerian Pariwisata di tahun 2019 ini merupakan event budaya berskala internasional. Berlangsung selama tiga hari, dimulai 19 Hingga 21 Juli 2019.

Direktur Toraja International Festival (TIF) 2019, Franki Raden mengatakan selama tiga hari TIF akan menampilkan kesenian nusantara hingga mancanegara.

“Adapun kesenian Nusantara dan mancanegara itu seperti dari tarian Toraja yakni tarian asal Toraja yakni tarian Pa’Gellu Todol, Sundanese Tarompet Ensemble feats Yoyon Darsono asal Bandung, Jawa Barat, dan Hip Hop Kupang asal Nusa Tenggara Timur,” ujarnya.

Di samping itu, kata Franki ada juga kesenian mancanegara, seperti Violin, Flute & Tabla Trio feats Kamau Abayomi, dan Turiolo Ensemble feats and Rodrigo Pareja and Nevan Suntareja.

Pembukaan TIF 2019

“Jadi di sini benar-benar menampilkan kolaborasi antara kesenian lokal (Nusantara) dan mancanegara (luar negeri),” terangnya.

Acara yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan pemerintah daerah ini juga menyediakan sejumlah boot, baik kuliner, pakaian, suvenir, kopi khas Toraja, dan lainnya

Komentar

Rekomendasi

Ahok Sempat Mau Bisnis Ayam Sebelum Ditawari Jokowi Urus Pertamina

Intip Kecantikan Raiyah, Ponakan Andi Darussalam Tabusalla yang Dinikahi Cucu Presiden Soeharto

Beredar Kabar Museum Nasional Indonesia di Jakarta Kebanjiran, Ini Faktanya

Hasil Survei, Ahok Lebih Berhasil Atasi Masalah Banjir Jakarta Dibanding Anies Baswedan

Komite Keselamatan Jurnalis Kecam Pemidanaan Jurnalis dengan UU ITE

Putri Wali Kota Parepare dr Eta Lestari Duduki Skor Tertinggi SKD CPNS

Gangguan Jiwa, Pemuda di Jeneponto Parangi Ayah dan Ibu Kandungnya

Youtuber Ria Ricis Bikin Histeris Stan Wuling Kumala di TSM Makassar

285 WNI yang Dikarantina Bebas Corona, WHO Apresiasi Pemerintah Indonesia

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar