Posting Surat Gus Dur Ancam Cak Imin, Netizen: Dia Berkhianat

Terkini.id, Jakarta – Sebuah surat lawas dari Dewan Syura PKB yang ditandatangani mendiang KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur ancam Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, viral di media sosial.

Surat bertandatangan Gus Dur ancam Cak Imin terkait penggunaan foto maupun gambar mantan Presiden RI itu viral usai diunggah pengguna Twitter Tukangrosok_, seperti dilihat pada Kamis 23 Juni 2022.

Dalam narasi cuitannya, netizen itu menyebut Cak Imin telah berkhianat dan merampok dari partai yang didirikan Gus Dur yakni PKB.

Baca Juga: Pengamat Sebut Perseteruan Yenny dengan Cak Imin Berdampak Pada Kaum...

“Si Kardus Duren makin Jumawa. Padahal PKB itu yg bikin Gus Dur, Si Imin berkhianat & merampok PKB dr Gus Dur,” cuit netizen Tukangrosok_.

Oleh karenanya, sang netizen meminta kepada warga Nahdlatul Ulama (NU) agar mengeluarkan fatwa haram memilih PKB yang diketuai Muhaimin Iskandar.

Baca Juga: Yenny Wahid Singgung Ketum PKB, Cak Imin: Dia Bukan PKB...

“Buat warga nahdlatululama tolong bikin fatwa Haram milih Partai DPP_PKB Si Kardus Duren cakimiNOW,” tuturnya.

Dilihat dari foto tangkapan layar isi surat lawas yang ditandatangani Gus Dur pada November 2008 silam.

Adapun aurat itu merupakan instruksi dari Gus Dur selaku Ketua Umum Dewan Syura DPP PKB kala itu kepada Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Baca Juga: Yenny Wahid Singgung Ketum PKB, Cak Imin: Dia Bukan PKB...

“Instruksi Ketua Umum Dewan Syura DPP PKB. Kepada Yang Terhormat, Saudara H.A Muhaimin Iskandar, M.Si,” demikian tertulis kop surat lawas tersebut.

Menurut Gus Dur dalam isi surat itu, Cak Imin telah dengan nyata melanggar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PKB.

“Berkaitan dengan realitas politik yang berkembang, dimana saudara telah nyata-nyata melakukan tindakan yang melanggar Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan Peraturan Partai PKB,” tulisnya.

Maka dari itu, Gus Dur baik secara pribadi maupun jabatannya sebagai Ketua Dewan Syura DPP PKB menyampaikan dua hal penting kepada Cak Imin.

“Maka saya atas nama pribadi dan maupun sebagai Ketua Umum Dewan Syura DPP PKB menyampaikan hal-hal sebagai berikut,” ujar Gus Dur dalam surat tersebut.

Pertama, menurut Gus Dur, dirinya melarang keras Cak Imin menggunakan foto maupun gambar dan suaranya dalam kegiatan yang dilakukan kader senior PKB itu.

Hal itu, menurutnya lantaran kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Cak Imin tersebut tak berpijak kepada AD/ART PKB.

“Melarang dengan keras penggunaan foto maupun gambar dan suara dalam seluruh kegiatan yang saudara dan jajaran saudara lakukan karena kegiatan yang saudara laksanakan tanpa berpijak pada AD/ART PKB,” ungkap Gus Dur.

Lebih lanjut, Gus Dur pun mengancam Muhaimin Iskandar apabila tetap menggunakan foto maupun gambar dan suaranya maka ulama kharismatik itu akan menuntut Cak Imin ke pengadilan.

“Jika tetap dilakukan penggunaan foto maupun gambar dan suara saya dalam kegiatan-kegiatan saudara, maka saya atas nama pribadi dan Ketua Umum Dewan Syura DPP PKB akan menuntut ke pengadilan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Baca berikutnya
BEM UI: Saat BEM UI...
Bagikan