Canangkan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB, Iqbal: Turunkan Angka Kematian Bayi

Iqbal Suhaeb
Penjabat Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suhaeb mencangkan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB

Terkini.id, Makassar – Penjabat Wali Kota Makassar M Iqbal Samad Suhaeb mengatakan pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB kesehatan tingkat Kota Makassar mampu memperluas cakupan pelayanan, meningkatkan kualitas, dan mempercepat pelayanan.

“Juga memperbanyak jumlah, baik dalam bidang KB, kesehatan dan semua program terkait dengan PKK,” kata dia saat ditemui di Jalan Gunung Lompobattang, Kamis, 12 September 2019.

Menurut Iqbal, pencanangan hari kesatuan gerak untuk melibatkan masyarakat dalam program PKK-KB. Tujuan akhirnya, kata dia, menurunkan angka kematian bayi (infant mortality rate) demikian juga dengan kematian ibu (mother mortality rate).

“Artinya kalau dari segi kesehatannya sudah makin bagus maka infant mortality rate dan mother mortality rate itu makin turun dan itu salah satu indikator healthy untuk human development index,” paparnya.

Iqbal menyatakan human development index itu terdiri atas tiga komponen. Pertama, komponen health kesehatan, komponen pendidikan education, dan komponen ekonomi.

Ia mengurai komponen ekonomi dalam bentuk purchasing power quality yang biasanya dalam bentuk income perkapita, sedangkan pendidikannya, yaitu dalam bentuk school enrollment dan untuk kesehatannya adalah harapan hidup, life expectancy.

“Untuk menentukan life expectancy itu di dalamnya itu ada angka-angka kematian bayinya, angka kematian ibunya, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menurunkan itu,” paparnya.

Terkait dengan peluncuran aplikasi Simatokka, ia mengatakan hal itu untuk mempercepat pendataan lantaran sudah ada database dari semua ibu-ibu hamil.

“Begitu dia datang mendaftar, dia hanya scan bisa langsung. Jadi tidak perlu lagi ditanya siapa namanya, di mana alamatnya,” paparnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini