Capai Berat 1.200 Kg, Ini Potret Sapi Kurban Presiden Jokowi

Jokowi
Sapi kurban Presiden Jokowi disiapkan Fakultas Peternakan Unhas

Terkini.id, Makassar – Jelang Idul Adha yang diperkirakan akan bertepatan dengan hari Minggu, 11 Agustus 2019, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan ikut berqurban sapi.

Untuk memenuhi kebutuhan sapi kurban bagi Presiden, maka tentu diharapkan sapi dengan kualitas terbaik.

Sehubungan hal tersebut, Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Peternakan memfasilitasi kebutuhan sapi kurban untuk Presiden Jokowi.

Jenis sapi yang disiapkan adalah sapi Simmental, yang beratnya mencapai 1.200 Kg. Penyiapan sapi ini difasilitasi oleh Maiwa Breeding Center (MBC), yang merupakan salah satu pusat unggulan Unhas dalam bidang peternakan.

Kepala MBC, Dr. Syahdar Baba, M.Si menjelaskan bahwa ide ini berasal dari civitas akademika Fakultas Peternakan untuk menyiapkan sapi terbaik Sulawesi Selatan sebagai persembahan kepada Presiden.

“Sapi ini adalah juara satu pada kontes ternak di Bone pada tahun 2019. Peternak pemelihara adalah Haji Abidin, merupakan mitra binaan MBC Unhas yang memang spesialis memelihara sapi andalan,” kata Syahrir.

Menurut rencana, sapi kurban dari Presiden Joko Widodo ini akan dipotong di Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan setelah pelaksanaan Salat Idul Adha, Minggu, 11 Agustus 2019.

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D menyampaikan rasa bangga atas pembelian sapi kurban Presiden melalui Fakultas Peternakan Unhas. Hal ini menunjukkan bahwa kepala negara memberi perhatian terhadap pengembangan peternakan di daerah.

“Kita memang memiliki pusat unggulan untuk bidang peternakan, yaitu Maiwa Breeding Center yang terletak di Kabupaten Enrekang. MBC Unhas telah memproduksi berbagai produk olahan dari daging sapi, dan juga membina petani-petani sapi lokal sehingga dapat meningkatkan produktivitasnya. Tentu ini adalah kebanggaan tersendiri bagi Unhas, khususnya Fakultas Peternakan,” kata Suharman.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Wakil Bupati TSY Kukuhkan TPAKD Bulukumba

Terkini.id,Bulukumba - Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto mengukuhkan anggota Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Bulukumba. TPAKD ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah selaku