Cara Jitu Ala Ganjar Pranowo : Berantas Korupsi di Indonesia, Gini Caranya

Terkini.id, Jakarta – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ini rupanya mendapatkan cara jitu berantas korupsi di Indonesia menurutnya. Ia menyampaikan hal tersebut saat membuka kegiatan Jambore Nasional Komunitas Penyuluh Antikorupsi Seluruh Indonesia Ahli Pembangunan Integritas (Kompaksi API) di Desa Wisata Kandri.

Menurut Ganjar cara mengatasi korupsi tergantung pada pimpinannya, jika pimpinannya tidak tegas sebaliknya bawahannya akan goyah.

“Bahasa saya, kalau top leadernya tidak tegas, maka yang di bawahnya pasti akan goyah. Tapi kalau di atasnya semuanya tegas, insya Allah yang di bawahnya pasti ikut,” ujarnya usai acara, dikutip dari jawapos.com, Jumat 20 Mei 2022.

Baca Juga: Dukung Ganjar Presiden 2024, Jaringan Komunitas Nelayan Lebarkan Sayap

Pada kegiatan tersebut, Ganjar mengajarkan para peserta untuk berani dan tegas dalam menghadapi masalah perilaku menyimpang, seperti korupsi, kolusi, nepotisme, suap dan sebagainya yang merugikan masyarakat.

Lanjut Ganjar, edukasi anti korupsi tidak harus masuk ke pelajaran dan kurikulum. Tetapi bisa dicontohkan dengan bersikap dan berperilaku jujur dan adil.

Baca Juga: Dinilai Menginspirasi, Anak Muda Banten Dukung Ganjar Presiden 2024

Beberapa tutur yang disampaikan Ganjar dalam kegiatan Jambore Nasional Komunitas Penyuluh Antikorupsi Seluruh Indonesia Ahli Pembangunan Integritas (Kompaksi API), dikutip dari jawapos.com, Jumat 20 Mei 2022, sebagai berikut.

“Tadi juga disampaikan arahan, satu melalui sistem pendidikan yang ada. Tidak harus melulu dengan kurikulum khusus tapi bisa diesensikan ke mata kuliah atau mata pelajaran yang ada,” tutur Ganjar.

“Minimal pengalaman di Jawa Tengah dan ternyata membikin Aparatur Sipil Negara (ASN) juga senang. Swasta juga senang karena mereka terlayani dengan baik. Masyarakatnya senang karena tidak ada pungutan atau pungli,” ucapnya.

Baca Juga: Dinilai Menginspirasi, Anak Muda Banten Dukung Ganjar Presiden 2024

“Kita butuh budaya baru, kita butuh budaya bersih, kita butuh bangun integritas, dilakukan bersama. Kalau mereka bisa berjejaring dan memberi pengalaman pasti sangat memperbaiki kondisi Republik ini agar makin bersih,” pungkas Ganjar.

Ganjar Pranowo juga menyambut baik kegiatan Jambore Nasional Komunitas Penyuluh Antikorupsi Seluruh Indonesia Ahli Pembangunan Integritas (Kompaksi API) di Desa Wisata Kandri.

Perlu diketahui bahwa, kegiatan ini dihadiri pula oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Selain itu, kegiatan ini sebagai ajang tukar-menukar pengalaman bagi para penyuluh yang melibatkan para siswa-siswi SMP dan SMA yang ikut dalam memahami nilai integritas dan memberantas korupsi di Indonesia.

Bagikan