Cegah Penyakit Menular, Dinkes Jeneponto Laksanakan Gerakan Cuci Tangan Serentak

Terkini.id, Jeneponto – Menyambut Hari Kesehatan Nasional yang ke-55. Dinas Kesehatan Kabupaten Jeneponto Bidang Kesehatan Masyarakat melaksanan gerakan cuci tangan bersama anak sekolah, Jumat, 25 Oktober 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh seksi promosi kesehatan Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Jeneponto itu dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Puskesmas se Kabupaten Jeneponto, salah satunya di SD 213 Batubassi Kecamatan Bangkala.

Sekretaris Dinas Kesehatan Jeneponto, Amiluddin mengatakan, gerakan mencuci tangan merupakan salah satu cara paling mudah untuk menjaga kesehatan untuk mencegah menularnya penyakit melalui tangan.

Baca Juga: Dinkes Jeneponto Gelar Pertemuan Reviu dan Revisi Regulasi Stunting, ini...

“Ada banyak penyakit yang dapat menular melalui tangan yang kotor, seperti flu, diare, dan mata merah,” kata Amiluddin.

Menurutnya, dalam mencegah berbagai macam penyakit menular, mencuci tangan harus dilakukan dengan langkah yang benar agar kuman berbahaya benar-benar hilang.

Baca Juga: Miris, Asrullah Terbaring Kurus, Ekonomi Anjlok di Gowa, Orang Tua...

“Jika mencuci tangan dilakukan sembarangan, bakteri dan virus bisa menyerang tubuh,” jelas Amiluddin.

Sementara, Kepala Seksi Promosi Kesehatan, Suryani, berterima kasih kepada seluruh kepala puskesmas dan kepala sekolah yang ikut andil di dalam pelaksanaan gerakan CTPS serentak itu.

“Terima kasih banyak kepada kepala puskesmas dan staf yang ikut terlibat serta kepala sekolah dan seluruh gurunya yang ikut menyukseskan gerakan CTPS, semoga gerakan ini dijadikan rutinitas setiap hari untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat baik di sekolah maupun di rumah tangga,” harap Suryani.

Baca Juga: Miris, Asrullah Terbaring Kurus, Ekonomi Anjlok di Gowa, Orang Tua...

Penanggung jawab UKS Dinkes Jeneponto, Abdul Rahman Akmal, menghadiri langsung CTPS di SDI 213 Batubassi.

Ia mengharapkan, ke depannya Gerakan CTPS di sekolah ini dimotori oleh para dokter kecil dan kader kesehatan remaja yang didampingi oleh pengelola UKS dan Promkes Puskesmas serta Pembina UKS masing-masing sekolah.

“Mencuci tangan yang benar harus dilakukan dengan sabun dan air yang mengalir. Sabun dapat membunuh kuman, sedangkan air mengalir dapat meluruhkan kuman di tangan,” harap Abdul Rahman Akmal.

Kegiatan CTPS dihadiri oleh Kepala PKM Bangkala, Hasbi, dan Penanggungjawab Program UKS Dinas Kesehatan, Abdul Rahman Akmal.

Bagikan