Cegah Wabah Covid-19, Dirjen Gakkum KLHK Berikan Arahan Melalui Vidcon

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Dirjen Gakkum KLHK, Rasio Ridho Sani saat memberikan arahan melalui vidcon

Terkini.id, Makassar – Mencegah meluasnya penyebaran wabah COVID-19 di wilayah tanah air Indonesia, Ditjen Gakkum KLH Jakarta menggelar rapat daring melalui sarana video conference (vidcon). Jumat, 3 April 2020.

Dirjen Gakkum KLHK, Rasio Ridho Sani tetap berada di Jakarta, sementara seluruh Balai Gakkum serta Seksi Wilayah tetap di tempatnya masing-masing, tidak perlu hadir ke Jakarta, cukup di kantor maupun di rumah berkomunikasi melalui sarana teknologi aplikasi zoom meeting.

“Pekerjaan Gakkum KLHK lima tahun ini banyak mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Hal ini akan terus kita tingkatkan sebagai institusi pengamanan lingkungan, kawasan hutan dan lahan dapat terus berlanjut lebih baik lagi,” kata Dirjen Gakkum.

Menurut Rasio Ridho Sani, rapat memanfaatkan video conference ini untuk menerapkan instruksi jaga jarak (social distancing) dari pemerintah.

Dirjen Gakkum KLHK Rasio Rido Sani memberikan arahan kepada seluruh jajaran dan staf Gakkum KLHK di seluruh Indonesia melalui media video conference.

Viewers menyimak araham Dirjen Gakkum KLHK, Rasio Ridho Sani melalui vidcon
Baca juga:

Rapat online untuk kali ke dua yang digelar oleh Dirjen Gakkum, hampir sekitar 500 pemirsa dari jajaran dan staf Gakkum KLHK di pusat dan daerah mengikuti arahan serta berkomunikasi dua arah melalui video conference.

Dirjen Gakkum LHK mengajak seluruh jajarannya untuk tetap bekerja dengan terobosan, ide, gagasan dan inovasi untuk mencapai target dan sasaran GAKKUM LHK ditengah-tengah kondisi bangsa yang menghadapi wabah pandemic Covid-19.

Selain itu, Dirjen Gakkum LHK menyampaikan arahannya dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 memutus mata rantai penyebaran penyakit corona secara khusus dilingkup kerja Direktorat Jenderal Penegakan Hukum LHK, keluarga dan masyarakat.

Dirjen Gakkum KLHK mengingatkan, agar semua bekerjasama guna mencegah penyebaran Covid-19 dapat optimal. “Kita tidak dapat menangani tantangan yang komplek ini sendirian. Butuh kesadaran bersama. Saling menguatkan untuk mencegah penyebaran Covid-19, jaga diri kita, jaga lingkungan kita,” jelasnya.

Arahan Dirjen Gakkum KLHK, Rasio Ridho Sani melalui vidcon

Lebih lanjut Rasio Ridho Sani mengatakan, saat ini kita menghadapi tantangan dalam sebuah situasi dan kondisi wabah pandemi Covid-19. Sebelumnya kita belum pernah menghadapi situasi seperti ini, tentu sebuah tantangan bagaimana bekerja ditengah pandemi ini.

Melalui pencegahan darurat pandemi Covid-19, Dirjen Gakkum Rasio Sani menyebutkan, beberapa peraturan terkait pencegahan, penyebaran COVID-19 telah dikeluarkan oleh Presiden, MENPAN RB, Menteri LHK, Sekjen KLHK dan Dirjen GAKKUM.

Arahan selanjutnya, agar seluruh pegawai Gakkum, melakukan Work From Home (WFH) terutama bagi pegawai yang rentan terpapar COVID-19. “Lakukan sistem piket seoptimal mungkin,” singkatnya.

Personil Gakkum Sulawesi menyimak arahan Dirjen Gakkum KLHK, Rasio Ridho Sani melalui vidcon

“Kemudian menyiapkan sarana untuk petugas piket, antaranya, masker, hand sanitizer, penyemprotan disinfektan di ruang kerja, dan makanan penambah daya tahan tubuh,” ujarnya lanjut.

Dirjen Gakkum menyampaikan, agar pelaksanaan pelatihan/bimbingan teknik (menggunakan narasumber) atau berbagai proses penegakan hukum menggunakan video conference atau sistem e-learning.

“Kedepan terdapat beberapa perbaikan yang akan dikembangkan Gakkum KLHK, misalnya e-ND dan e-surat, mekanisme pengumpulan data yang Lebih update. Tunjuk petugas yang bertanggung jawab terhadap update data. Data yang perlu di-update setiap minggu,” tegas Dirjen Gakkum.

Dijelaskan, terkait COVID-19, dikatakan Rasio Ridho Sani agar menyelesaikan database di beberapa unit, kemudian berkoordinasi dengan Opsroom dan lakukan sosialisasi dengan Balai/Seksi.

“Mengabarkan kegiatan Gakkum kepada masyarakat umum bahwa penegakan hukum tetap dilakukan dengan membuat pers release, infografis, video youtube, meme dan lain-lain. Bahan-bahan release tersebut dikomunikasikan dengan Setditjen dan Humas. Setiap Seksi mempunyai link dengan media lokal. Tunjuk beberapa petugas yang didedikasikan untuk kehumasan,” tandas Rasio Sani.

Dirjen Gakkum juga menghimbau agar seluruh staf Gakkum LHK terus bekerja baik WFO dan WFH. staf work from office, agar selalu menjaga physical distancing 1-2 meter, staf yang sakit selalu melaporkan kondisinya, jangan lakukan piket kalau belum sehat.

“Setiap hari masing-masing unit kerja eselon 2 dan UPT wajib menyampaikan laporan kondisi kesehatan staf dan keluarganya ke bagian kepegawaian,” terangnya.

Ditengah wabah virus corona, Dirjen Gakkum KLHK mendorong penggunaan zoom meeting untuk vido confrence, pemanfaatan teknologi ini sangat membantu kita tetap bekerja dan melayani masyarakat.

“Situasi seperti ini tetap optimis dan lebih tangguh lagi. Selalu menerapkan nilai integritas, profesional, peduli, responsif, inovatif,” sebutnya.

“Diharapkan melakukan upaya-upaya nilai-nilai landasan kinerja Gakkum KLHK yang lebih baik lagi untuk 5 tahun kedepan,” kunci Rasio Ridho Sani.

Terpisah, Kepala Balai Gakkum Sulawesi, Dodi Kurniawan, S.Pt.,MH, Kepala Sub Tata Usaha, Acmad Yusuf Arif, SH.,MH dan para Kepala Seksi Wilayah I, II dan III beserta seluruh personil Gakkum Sulawesi begitu serius menyimak arahan Dirjen Gakkum KLHK di tengah wabah virus pandemi Covid-19.

Komentar

Rekomendasi

Sat Sabhara Polres Gowa Aktif Gaungkan Gunakan Masker

COVID-19 Secara Radikal Percepat Masa Depan Digital

Temukan Kejanggalan, Pemuda Desak Transparansi Pengelolaan Dana Covid-19 di Tamaona Gowa

Bain Ham RI Investigasi Laporan Warga Kongkalikong Dipengadilan Negeri Jeneponto

Penyaluran BBM dan LPG Berjalan Lancar Selama Lebaran, Pertamina Apresiasi Masyarakat Sulawesi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar